KabarBijak

Meskipun Tidak Lolos SMPN, Siswa Disabilitas Tetap Difasilitasi Kartu Jogja Berprestasi

Tidak lolos SMPN, Siswa Disabilitas tetap difasilitasi Kartu Jogja Berprestasi oleh Pemkot Jogja.

291  views

KamiBijak.com, Infosiana - Mulai tahun 2024 ini, jika ada siswa disabilitas yang hendak mendaftar masuk SMPN di Yogyakarta namun tidak lolos, tenang saja! Siswa disabilitas tetap mendapatkan beasiswa yang anggarannya diambil dari Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) Pemerintah Kota Yogyakarta dengan kuota sebesar 5 persen. 

Apabila tidak lolos diterima masuk SMPN, siswa disabilitas tersebut dapat masuk sekolah pilihan yang alternatif, seperti SMP Muhammadiyah 9, SMP Taman Dewasa Jetis, dan SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan.

Fasilitas beasiswa JPD yang dinamakan Kartu Jogja Berprestasi itu setara dengan Kartu Menuju Sejahtera (KMS). Siswa disabilitas diberikan sebuah kartu belanja senilai 4 juta rupiah untuk 1 tahun, di mana 3 juta rupiah untuk satuan pendidikan dan sisa 1 juta rupiah untuk kebutuhan pribadi. 

Siswa disabilitas tidak diwajibkan mengikuti program beasiswa ini jika memang memilih sekolah selain sekolah swasta tersebut. Apabila siswa disabilitas tidak lagi atau memutuskan keluar dari sekolah, maka fasilitas beasiswa otomatis dihentikan. (Restu) 

Sumber: detik.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.