BijakFun

Meraup Omset 500 Juta Per Tahun, Ini Dia Bisnis Serba Usaha Ternate Local Product Melesat!

Serba Usaha Ternate Local Product salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan pemasukan besar.

2,462  views

Kamibijak.com, Hiburan – Saat ini sudah banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mulai melebarkan bisnisnya ke pasar ekspor. Serba Usaha Ternate Local Product merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang kuliner dan fashion milik Nurjannah. 

Sejak 2013 lalu, usaha tersebut hanya memproduksi kuliner saja (makanan dan minuman), namun seiring berjalannya waktu, pada 2020 mulai berkembang ke bidang fashion juga. 

Nurjannah, selaku pemilik usaha tersebut menjelaskan, produk fashion yang diproduksinya berbahan kain dan kulit yang nantinya dibuat menjadi tas, sepatu, jilbab, mukenah, dan totebag. Sementari itu, untuk dibidang kuliner ia memproduksi keripik pisang, abon ikan cakalang, sambal roa kenari, kopi jahe, dan air guraka (jahe). 

Untuk bidang kuliner yang ia miliki diberi Brand Kalumpang dan untuk bidang fashion ia beri nama Mayana Eco Print. Usaha yang sudah dirintasnya sejak 8 tahun lalu itu, kini usahanya berhasil dipasarkan ke luar Maluku Utara dan 2 negara besar seperti Amerika Serikat dan Singapura. Hasil dari penjualannya itu bisa meraup omset mencapai 500 Juta per tahun. 

“Produk kami sudah berada di dua negara dan juga beberapa daerah di luar Maluku Utara, omsetnya Alhamdulillah per tahun bisa 100 khusus pada bidang fashion namun untuk seluruh produksi sudah meraup 500 Juta,” ujarnya. 

Terkait harga produk khusus ke fashion tentunya bervariasi karena tergantung dari modelnya sendiri, rata-rata Rp 150.000 sampai Rp 3.000.000 untuk barang mentah, kemudian untuk totebag canvas Rp 150.000, dan tas kulit sapi maupun domba ada di harga Rp 2.000.000. 

“Produk fashion ini belum bisa produksi banyak, karena peminatnya masih sedikit dan juga pengrajinnya banyak belum paham cara kerja,” tuturnya. 

Untuk tahun depan, Nurjannah, memiliki rencana untuk membangun galerinya sendiri agar produk yang ia jual bisa dipasarkan dengan lebih baik lagi. (MG/Alissa)

Sumber : kalesang.id 

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.