KabarBijak

Menteri Sosial Luncurkan Program Indonesia Mendengar Bagi Penyandang Disabilitas

Program Indonesia Mendengar ditujukan untuk memenuhi hak-hak bagi penyandang disabilitas

881  views

Kamibijak.com, Infosiana – Menteri Sosial Tri Rismaharini resmi meluncurkan Indonesia Mendengar, sebuah program yang ditujukan untuk pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Peluncuran dilakukan di sela penyaluran bantuan untuk penerima manfaat di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Sabtu, 8 Januari 2022. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 terdapat 22,97 penyandang disabilitas di Indonesia. 

Risma menjelaskan, bahwa kondisi penyandang disabilitas yang dialami oleh masyarakat Indonesia mengakibatkan mereka kurang mendapatkan akses informasi dan komunikasi.

Dengan Program Indonesia Mendengar, Kemensos membantu penyandang disabilitas rungu dan lansia dengan alat bantu dengar dan telepon pintar yang bisa mengubah suara menjadi huruf. Dengan demikian, penyandang disabilitas bisa membaca pesan lawan bicara.

Risma kembali menambahkan, jika program ini telah mendapatkan dukungan dari Komisi VIII DPR RI dan memberikan kebebasan kepada Kemensos untuk menyusun anggaran. Ada sebanyak 34.000 alat bantu sudah diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Peluncuran program ini juga sudah dilakukan di 28 wilayah. Sebanyak 13 wilayah lainnya diagendakan akan dihadiri oleh perwakilan Komisi VIII DPR RI.

Kemensos juga turut memberikan bantuan berupa 456 item berupa tongkat penuntun adaptif, tongkat pintar, kursi roda anak, tongkat kruk, tripod, walker, kaki palsu, kewirausahaan, kursi roda 2 in 1, laptop, printer,  tablet, peralatan reparasi HP, sampai sepeda motor roda 3 boks alumunium. Total bantuan aksesibilitas diterima oleh 718 penerima manfaat. 

Di kesempatan yang sama juga, Risma juga mengunjungi lumbung sosial yang berada di Bandung. Kemensos juga turut memberikan bantuan kepada lumbung sosial senilai Rp 379.858.131. (GLOR/MG)

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4854929/indonesia-mendengar-untuk-penuhi-hak-hak-penyandang-disabilitas  

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara
 

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel  

Follow kami juga di sini: 

Website: http://bit.ly/KamiBijakcom  

Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram  

Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok  

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.