KabarBijak

Mengenang Pendiri MER-C Joserizal Jurnalis, Dokter Penembus Medan Perang

Dr. Joserizal Jurnalis meninggal dunia pukul 00.38 WIB, Senin (20/1). Ia menghebuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Harapan Kita diakibatkan...

527   views

Kamibijak.com, Infosiana. Pendiri tim kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committe (MER-C), dr Joserizal Jurnalis menghembuskan meninggal dunia pukul 00.38 WIB, Senin (20/1). Bukan tim medis biasa, Joserizal dikenal sebagai dokter penembus medan perang.

Joserizal Jurnalis menghebuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta. Pria yang juga dikenal sebagai aktivis kemanusiaan ini tutup usia di umur 56 tahun.

"Mohon dimaafkan segala kesalahan dan kekhilafan beliau. Terima kasih atas segala doa dan perhatian dari kerabat, teman, relasi, saudara-saudara seperjuangan selama beliau sakit hingga akhir hayatnya," tulis unggahan laman resmi mer-c.org, seperti dikutip CNNIndonesia.com, Senin (20/1) pagi.

Pria kelahiran 11 mei 1963 ini sempat disemayamkan terlebih dahulu di Pendopo Silaturahim, Jalan Kalimanggis Raya Nomor 90, Cibubur Jakarta Timur. Jenazahnya kemudian dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Menurut riwayat hidupnya, Joserizal Jurnalis merupakan Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan menjadi dokter spesialis orthopedi atau bedah tulang. Beliau mendirikan MER-C ditujukan untuk aktivitas kemanusiaan yang kerap berkontribusi untuk masyarakat korban perang.

Tim kemanusiaan MER-C kerap memberikan pertolongan medis di wilayah-wilayah konflik. Mulai dari konflik yang terjadi di Afganistan, Maluku, Ambon, Mindanao, dan Irak. Selain di kelima negara tersebut, Tim MER-C juga berkontribusi di Gaza yang di mana MER-C turut andil dalam pembangunan rumah sakit Indonesia di Gaza.

Selain itu, MER-C bekerjasama dengan pemerintah Indonesia juga mempelopori pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine State, Myanmar.

 

Sumber:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200120070615-20-466834/pendiri-mer-c-joserizal-jurnalis-meninggal-dunia

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.