BijakFun

Manasi Joshi, Atlet Para-Badminton yang Jadi Sampul Majalah Time Next Generation Leader

Atlet para-badminton asal India, Manasi Joshi, perhatian di media sosial setelah fotonya menjadi sampul depan majalah Time Next Generation Leader.

702   views

Kamibijak.com, Hiburan – Atlet para-badminton asal India, Manasi Joshi yang berusia 31 tahun menjadi tenar setelah memenangkan medali emas di BWF Para-Badminton World Championships, mengalahkan rekan senegaranya dan menjadi nomor 1 dunia Parul Parmer di final tunggal putri Standing Lower 3 (SL3), pemain yang harus berdiri, meski mempunyai gangguan berjalan, berlari, atau keseimbangan.

Joshi mulai berlatih olahraga bulutangkis ketika umurnya masih belia, sekitar 6 tahun. Tiga tahun kemudian, Joshi berpartisipasi dalam lomba bulutangkis tingkat sekolah dan kota. 

Joshi mulai bekerja sebagai software engineer di Atos India. Di tempat kerjanya tersebut, ia memenangkan medali emas di turnamen bulutangkis intra-perusahaan pada tahun 2011.

Namun, pada 2 Desember di tahun yang sama, ia mengalami kecelakaan yang berdampak pada kaki kirinya yang harus diamputasi. Joshi mendapat kaki palsu setelah menghabiskan 45 hari di rumah sakit dan tiga bulan dalam pemulihan. Namun kesukaannya pada olahraga bulutangkis tak berhenti sampai situ. 

Pada tahun 2012, Joshi berhasil mengalahkan pemain berbadan sehat di turnamen perusahaan yang sama, hanya beberapa bulan setelah dia belajar kembali berjalan. Saat itulah teman Joshi dan pemain para-bulutangkis Neeraj George menyarankannya untuk bermain bulutangkis secara profesional lagi.

Setelah gagal mendapatkan tempat di Para Asian Games 2014, Joshi memenangkan medali perak di pertandingan nasional pada bulan Desember dan pada bulan Maret tahun berikutnya, ia mengikuti Spanish Para Badminton International. Meskipun dia tidak memenangkan medali pada pertandingan tersebut, kemunculannya di muka publik tersebut telah memberikan kepercayaan diri yang cukup pada dirinya sendiri.

Pada 2016, dia berhenti dari pekerjaannya untuk berkonsentrasi pada karier bulutangkisnya. Bahkan sebelum menarik perhatian warga setempat, Joshi telah menyerukan kepada pemerintah India untuk membebaskan pajak atas prostesis dan alat bantu disabilitas lainnya, sesuatu yang dia cukup beruntung dapat melalui sponsornya. Belum lama ini, pada hari Jumat 9 Oktober 2020 lalu, Joshi mengumumkan penampilan perdananya di majalah Time.

"Saya yang muda dulu, tidak akan pernah percaya bahwa suatu hari wajah saya akan muncul di sampul depan TIME dan disebut sebagai pemimpin generasi berikutnya. Ini (pencapaian) sangat besar," kata Joshi. (LEAS/MG)

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4381419/jatuh-bangun-atlet-para-badminton-india-manasi-joshi-hingga-jadi-sampul-majalah-time-next-generation-leader  


#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): manasi joshi,manasi joshi india,para badminton,para badminton india,majalah time next generation leader,inspirasi,kisah inspirasi,disabilitas,penyandang disabilitas,atlet disabilitas,kamibijak,kami bijak