BijakFlash

Mal di Jakarta Segera dibuka, Berikut Tips Aman Belanja di Masa Pandemi Covid-19

Bagi kamu yang ingin jalan-jalan ke mal saat penerapan new normal, lakukan tips berikut supaya tidak terpapar virus

1403   views

Kamibijak.com, Flash. Setelah adanya himbauan bahwa akan diberlakukan normal baru (New Normal) di Jakarta, sejumlah mal yang berminggu-minggu tidak beroperasi akan kembali dibuka. Hal itu disampaikan Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat. 

Menurutnya, sudah ada 60 mal yang akan kembali dibuka pada 5 Juni 2020. Empat mal lainnya menyusul dibuka pada 8 Juni 2020 mendatang.

Hal ini tentu saja merupakan kebahagiaan bagi kamu yang suka jalan-jalan ke mal. Namun karena masih masa pandemi covid-19, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan supaya tetap aman berpergian ke mal di tengah new normal seperti yang dikutip dari laman merahputih.com.

1. Gunakan masker
Menggunakan masker merupakan prioritas supaya tetap aman saat pergi keluar rumah. Selain masker kamu juga perlu membawa hand sanitizer, tissue basah, dan sarung tangan plastik jika dibutuhkan.

2. Memakai pakaian dan sepatu tertutup
Tips ini berasal dari dokter Bill Griggs, mantan direktur unit trauma di Rumah Sakit Royal Adelaide melalui wawancaranya dengan 9 News Australia. Beliau mengatakan bahwa kamu perlu mengenakan pakaian dan sepatu tertutup supaya kulit tidak terekspos dengan virus. 

3. Hindari keramaian
Meskipun ada himbauan new normal, kamu tetap perlu melakukan social distancing dengan menjaga jarak sejauh dua meter dari orang lain saat hendak pergi ke mall. Hindari keramaian dan tempat sepi seperti lift. Dikutip dari laman 'The Guardian' usahakan berbelanja atau berkeliling mal sendiri atau dalam jumlah kecil saja, jangan dalam grup besar.

4. Gunakan sistem pembayaran cashless
Saat melakukan transaksi di mal lebih baik gunakan pembayaran cashless. Dokter Griggs mengatakan kamu tidak akan pernah tahu berapa banyak orang yang memegang uang tunai.

Saat menggunakan mesin EDC, gunakan dengan jari kelingking, jari manis, atau buku jari. Biasanya jari telunjuk dan jempol sering digunakan untuk menyentuh muka yang tentunya akan meningkat resiko terpapar virus.

5. Hindari makan di tempat jika tidak perlu
Meskipun pihak APPBI DKI Jakarta menyebutkan bahwa restoran akan kembali dibuka, namun pengaturan meja makan mengikuti aturan social distancing. Kamu tidak perlu makan di tempat bila dirasa tidak penting. Hal ini dikarenakan, saat makan pastinya kita akan membuka masker dan memungkinkan terpapar virus corona lebih besar. Namun jika kamu tetap mau makan di tempat, alangkah baiknya membawa peralatan makan sendiri.

6. Jangan Norak
Saat bisa menikmati jalan-jalan ke mal setelah berminggu-minggu, lebih baik jangan norak saat ke mal. Tidak perlu berlarian atau berkerumun di satu tempat, hindari keramaian, dan tidak perlu pergi ke mal jika hanya ingin pamer ke media sosial.

Jadi ketika menjalankan new normal pergi ke mal, tetap bijaksana, bertanggung jawab, dan selalu waspada supaya penyebaran virus tidak semakin meningkat.

Sumber: https://merahputih.com/post/read/mal-di-jakarta-kembali-dibuka-ini-tips-supaya-kamu-tetap-aman-berbelanja

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.