Makna Merdeka Bagi Atlet Lari Tuli

Melalui Bincang Isyarat, seorang atlet lari Tuli berbagi kisah dirinya, lari dan arti kemerdekaan untuknya.

186   views

KamiBijak.com, Bincang Isyarat – Pada live dalam kanal YouTube KamiBijak Selasa 31 Agustus 2021 membicarakan makna merdeka bagi atlet lari Tuli. Dan narasumber kali ini ialah Ridho Yulio Rahmadino.

Pria yang berasal dari Sumatera Barat dan bertinggal di Kabupaten Tanah Datar ini, mengungkapkan sebenarnya dahulu dirinya terlahir dengan keadaan Dengar. Akan tetapi, saat menginjak usia 1 tahun, dirinya terjangkit demam tinggi dan saat usia 5 tahun dirinya mengalami dua kali kecelakaan yang mengakibatkan kepalanya terbentur dan bocor.

“Hal tersebut akhirnya mempengaruhi pendengaran saya, semakin menurun dan menjadi Tuli,” aku Ridho.

Ridho sendiri sudah menyukai lari sejak kecil, ia telah rutin berlari mengelilingi rumah sebelum pergi untuk bersekolah dahulu. Namun, dirinya baru memasuki komunitas lari di tahun 2017 dan mengikuti perlombaan-perlombaan lari maraton pada tahun 2017 hingga 2020.

Dirinya aktif di olahraga lari maraton ini, ia bisa berlari hingga 42,15 km dan berlari dalam waktu 5 jam. Walaupun, tahun ini ia tidak mengikuti PON Papua dikarenakan ada bentrok jadwal dengan pekerjaanya di Jakarta.

Ridho juga memberikan beberapa tips dalam berlari. Menurutnya pemanasan adalah hal terpenting pertama yang harus dilakukan, kedua ialah saat lari biasakan telapak kaki harus menyentuh tanah secara keseluruhan di setiap hentakannya. Kemudian tetaplah atur nafas sebaik mungkin dan fokus berlari tanpa banyak memikirkan apapun, tidak lupa juga untuk lakukan pendinginan setelah selesai berlari.

Ridho juga mengatakan bahwa tidur minimal 8 jam juga menjadi kunci penting, dikarenakan dengan tidur yang tidak cukup dapat mempengaruhi kualitas jantung atau stamina saat berlari nanti. Dan tidak lupa juga untuk menjaga pola makan.

Ridho menjelaskan bahwa arti kemerdekaan baginya sebagai Tuli atau atlet Tuli adalah ketika, Dengar bisa terlibat dalam Disabilitas, saling berbaur dan bekerjasama, dapat juga untuk saling berbagi akses dan melakukan olahraga bersama dengan minim halangan.

Untuknya sendiri perjuangan kemerdekaan bagi dirinya ialah ada di tahun ini, di mana saat pandemi melanda dan membuat segalanya jadi sedikit menghambat, namun dirinya paham bahwa selalu ada cara untuk mengatasi hal-hal sulit tersebut. (Joang/MG)

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=mg2_A4YjMqo

#BincangIsyarat
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==================================
Tag: tuli,teman tuli,atlet tuli,atlet lari tuli,Ridho Yulio Rahmadino,Ridho Yulio Rahmadino tuli,Ridho Yulio Rahmadino atlet tuli,pelari tuli,pelari disabilitas,atlet difabel,atlet disabilitas,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com