KabarBijak

Kontingen Indonesia Berangkat ke ASEAN Para Games XII di Kamboja

Indonesia ditargetkan untuk memperoleh 121 medali emas, 90 medali perak, dan 87 medali perunggu.

1,651  views

Kamibijak.com, Infosiana – Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), secara resmi melepas 268 atlet Indonesia yang akan bertanding dalam ASEAN Para Games (APG) XII di Kamboja. Acara pelepasan ini dilangsungkan di Pendopo Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada hari Senin, (29/05/2023) kemarin.

Dalam ajang APG XII ini, Indonesia akan diwakili oleh 268 atlet yang berasal dari berbagai cabang olahraga. Rinciannya adalah 59 atletik, 24 bulu tangkis, 36 tenis meja, 37 para renang, 16 angkat berat, 11 boccia, 15 judo, 18 catur, 16 voli, 10 basket, 14 Cp football, dan 12 goalball.

Menurut Dito, jika ditambah dengan pelatih dan official yang ikut serta, total kontingen Indonesia yang berangkat mencapai 500 orang. Ia optimistis bahwa kontingen Indonesia dapat meraih gelar juara umum dalam APG XII ini, seperti yang telah terjadi pada APG sebelumnya.

Dalam upaya meraih juara umum, kontingen Indonesia ditargetkan untuk memperoleh 121 medali emas, 90 medali perak, dan 87 medali perunggu. Jumlah ini melebihi jumlah medali yang diraih oleh kontingen Indonesia pada SEA Games di Kamboja. Dito juga mengungkapkan bahwa kondisi cuaca di Kamboja tidak terlalu berbeda dengan Indonesia, sehingga atlet-atlet Indonesia diharapkan dapat beradaptasi dengan cepat.

Pada APG XI yang diadakan di Indonesia, kontingen Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum dengan perolehan 175 medali emas, 144 medali perak, dan 107 medali perunggu. Oleh karena itu, Hendi Herman, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia ASEAN Para Games XII, menyatakan perlunya langkah antisipasi untuk mencegah kecurangan sejak awal pertandingan. Ia berharap pengalaman dari SEA Games dapat menjadi pelajaran berharga bagi atlet-atlet Indonesia dalam APG agar mereka tidak menjadi korban kecurangan.

Hendi juga menyatakan optimisme bahwa tahun ini Indonesia akan berhasil meraih gelar juara umum dalam APG XII. Sebelumnya, Indonesia telah berhasil meraih gelar juara umum pada penyelenggaraan APG di Malaysia dan Solo saat menjadi tuan rumah. Oleh karena itu, Hendi menegaskan bahwa target yang ditetapkan adalah hat-trick gelar juara umum.

Dengan semangat yang tinggi, kontingen Indonesia berangkat ke Kamboja untuk bertanding dalam ASEAN Para Games XII. Seluruh rakyat Indonesia berharap mereka dapat memberikan performa terbaik dan meraih kesuksesan dalam ajang olahraga tingkat ASEAN ini. Semoga kontingen Indonesia mampu mengukir prestasi gemilang dan membanggakan bangsa di APG XII di Kamboja. (MG/Disha)

Sumber: merahputih.com

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.