BijakFun

Konekin Mengadakan Acara Pesta Inklusif 2023 di TMII

Konekin mengadakan acara Pesta Inklusif 2023 di TMII merayakan Hari Disabilitas Internasional.

1,130  views

KamiBijak.com, Hiburan – Kegiatan Pesta Inklusif 2023 yang diselenggarakan oleh Koneksi Indonesia Inklusif (KONEKIN) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah sukses. Dengan tema "Kolaborasi Pentahelix menuju Indonesia inklusif," acara tersebut mengundang berbagai pihak untuk mendukung inklusivitas di sektor-sektor yang beragam.

Para sponsor, seperti Pertamina, Bank Mandiri, Paragon, FIF Group, Nutrifood, dan Sekolah Murid Merdeka, turut berpartisipasi dalam Pesta Inklusif 2023. Acara dimulai dengan tiga sesi diskusi publik yang menampilkan tokoh-tokoh berkompeten dalam bidang data, pendidikan, dan ketenagakerjaan.

Diskusi publik pertama dibuka oleh Akhmad Sudirman Tavipiyono dari Ditjen Dukcapil Kemendagri, Widiyanti Sri Lestari dari Kemensos RI, dan Lolly Suhenty dari Bawaslu. Sesi ini, yang dimoderatori oleh Indriana Nugraheni dari Bappenas, membahas pentingnya data akurat dalam merancang strategi menghadapi isu, terutama isu disabilitas.

Sesi berikutnya, dengan tema "Pendidikan Inklusif Bukan Sekadar Jargon," menghadirkan narasumber berpengaruh di berbagai sektor pendidikan. Mereka membahas bagaimana membuat pendidikan inklusif bukan hanya sebagai konsep, tetapi juga sebagai panggilan moral untuk membuka pintu pendidikan bagi setiap anak. Narasumber termasuk Aswin Wihdiyanto dari Kemendikbud, Tolhas Damanik dari Wahana Inklusif Indonesia, Galih Sulistyaningra sebagai guru dan influencer pendidikan, serta Agus Hasan Hidayat sebagai pendiri Remisi.

Pada sesi tersebut, Tolhas Damanik menekankan bahwa pelatihan guru saja tidak cukup untuk mengatasi stigmatisasi terhadap pendidikan inklusif. Diskusi publik terakhir membahas "Kesempatan Kerja yang Setara dan Layak," dengan narasumber dari berbagai sektor dan dimoderatori oleh Marthella Sirait, CEO & Founder KONEKIN.

Selain diskusi publik, Pesta Inklusif 2023 juga menyelenggarakan kelas belajar di Contemporary Art Gallery TMII, dengan pembicara terkenal seperti Kiki MasterChef dan Jennifer Natalie. Acara ini juga melibatkan penampilan seniman seperti Dani Aditya, Rafi Sudirman, Rara Sudirman, Hasna Mufida, dan I’m Star Band. Sebagai tambahan, KONEKIN menghadirkan agenda baru, "Playdate Inklusif," yang mengajak anak-anak disabilitas dan non-disabilitas untuk bermain bersama dan meningkatkan kreativitas dalam suasana inklusif.

Marthella Rivera Sirait, CEO & Founder KONEKIN, menyampaikan terima kasih kepada seluruh sponsor, narasumber, penampil, booth, komunitas, peserta kelas belajar, dan relawan panitia yang telah berhasil menyelenggarakan Pesta Inklusif 2023. Harapannya, pesan dan manfaat dari acara ini dapat tersampaikan kepada semua yang hadir, dan dia mengajak semua untuk bersama-sama berkolaborasi menuju Indonesia inklusif.

“Terima kasih kepada seluruh sponsor, narasumber, performers, booth, komunitas, peserta kelas belajar dan tentunya relawan panitia yang membuat Pesta Inklusif terlaksana dengan baik. Semoga pesan dan manfaat dari acara ini dapat tersampaikan kepada siapa pun yang hadir. Mari sama-sama berkolaborasi menuju Indonesia inklusif!” ujur Marthella Rivera Sirait. (Zevazan/MG)

Sumber: liputan KamiBijak

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.