BijakFun

Koko Merah Edukasi Masyarakat Tentang Ichtyosis Lewat Tiktok

Richard Chanlie, adalah salah satu orang yang memiliki Ichtyosis, di mana ia memiliki kulit merah dan tipis.

437   views

Kamibijak.com, Hiburan – Richardson Chanlie (28), adalah seorang yang berasal dari Medan dan memiliki Ichthyosis, di mana ia memiliki kondisi kulit lebih tipis daripada orang pada umumnya. Selain itu, Richard memiliki panggilan “Koko Merah” dikarenakan kulitnya yang lebih cenderung merah.

Melalui akun Tiktok Richard @Koko Merah, ia membagikan video mengenai Ichthyosis yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat. Hingga (15/6) pengikut Richard di aplikasi Tiktok mencapai lebih dari 230 ribu dengan total likes 4,6 juta.

Dikarenakan Ichthyosis yang dialaminya, dahulu Richard sering mendapat tanggapan buruk.

“Sering sih dari dulu zaman sekolah cuman semakin terbiasa dengan hal itu ya aku anggap gak heran,” tutur Richard.

Dulu, Richard pernah melamar ke bank namun keadaan kulitnya membuatnya sulit mendapatkan pekerjaan.

“Orangtua udah bilang duluan bahwa aku gak bakal bisa kerja di bank karena biasanya bank melihat penampilan. Tapi saya coba masukin lamaran, ternyata benar gak diterima.” Jelas Richard.

Selain di dunia kerja, Richard juga kesulitan untuk masuk ke sekolah umum.

“Saya sekolah umum, sempat ada penolakan juga, katanya anak seperti saya harus sekolah di sekolah khusus seperti SLB,” Jelas Richard.

Orangtua Richard terus berusaha agar anak mereka dapat diterima di sekolah umum. Karena, Richard merasa ia tidak memiliki perbedaan yang harus membuat ia masuk ke SLB.

Saat awal bersekolah dulu, Richard sering mendapat ejekan dari teman-teman. Namun, seiring berjalannya waktu, akhirnya mereka terbiasa dengan kondisinya.

“Aku selalu ambil positif, kalau dulu mungkin aku ingin marah tapi semakin dewasa kurasa itu jadi motivasi aja buat saya, jadi menerima bahwa yang harus saya lewati seperti ini, ambil positifnya saja,” Papar Richard.

aWalau begitu, kini Richard sukses menjadi media kuliner Nom Nom Medan dan menjadi arsitek.

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4279223/berbagi-edukasi-ichthyosis-via-tik-tok-koko-merah-curi-perhatian-warganet?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.