Keterbatasan Tidak Menghalangi Rianda Dwi Saputra Untuk Berkarya

Rianda Dwi Saputra merupakan seorang musisi netra yang founder dari MultilineFX.

185   views

Kamibijak.com, Bincang Isyarat – Rianda Dwi Saputra yang akrab dengan panggilan Rian merupakan founder dari MultilineFX. MultilineFX itu sendiri berdiri sejak tanggal 16 Juni 2005, perusahaan yang fokus pada fireworks dan special effects ini sudah melewati acara event Nasional maupun event Internasional.

Karena adanya pandemi di tahun belakangan ini, Rianda banyak membatalkan proyek-proyek event, seperti Djakarta Warehouse Project (DWP), Soundrenaline, Shiver, dan event-event lainnya.

“Kalo daring sih ngga ada, karena kan kembang api dan special effect ini bergerak dibidang ini, kalau tidak ditonton secara langsung itu vibesnya ga berasa jadi ini sesuatu yang tidak bisa ditonton dari virtual. Jadi sesuatu yang kita harus nonton langsung di festival, langsung di event. Ada suaranya ada ledakannya, euporianya dapat vibesnya jadi dapet dengar audiens teriak denger suara-suara keseruan di acara,” kata Rian.

Di masa pandemi ini juga, Rian merasa banyak hambatan, karena perusahaannya yang bergerak di bidang industri dan hiburan merasakan sekali penurunannya. Tidak adanya event yang membuat tidak adanya income. Dan banyak juga karyawan-karyawannya yang dinonaktifkan. 

Meskipun tidak adanya solusi bagi Rian, ia tetap menjalankan protokol dengan benar dan mendukung penuh sepenuhnya program pemerintah tentang pandemi maupun vaksin. 

“Intinya harapan besar kita  adalah terutama saya pribadi adalah kembalinya Indonesia yang sehat, dan kembalinya acara berlangsung. Itu agar semua orang-orang di bidang industri bulan ini kembali lagi untuk bisa meraih pundi-pundi untuk rezeki mereka sih,” ujarnya.

Terlepas dari perusahaannya, Rian juga merupakan seorang musisi netra yang selama adanya Covid-19 di Indonesia ini, ia membuat notasi dan nada, jadi ia tinggal bikin liriknya dan memang didedikasikan untuk teman-teman Disabilitas, sehingga menjadi lagu pertamanya. 

“Bahwa apa yang sudah terjadi saat ini adalah sang pencipta yang punya rencana kita tinggal menjalaninya saja dan tetap semangat sih untuk kedepannya. Dan kebetulan lagu “Kita Bisa” juga adalah satu satunya lagu yang diposting lagu tentang bertema pandemi, jadi itulah di Indonesia menjadi lagu pertama,” kata Rian.

Rian sangat menginspirasi dari lagu-lagu seperti grup band Oasis, The Beatles yang banyak dikenal orang, yang ber genre “British Pop”. Dari sana juga ia bisa memulai karirnya ke dunia musik.

Untuk rencana kedepannya, founder MultilineFX mengatakan sejak adanya pandemi, ia menyibukan diri dengan membuat lirik serta lagu lagu yang kemungkinan setelah pandemi ini akan dirilis atau di mulai produksi. Dan sebelum diproduksikan, ia juga akan mempromosikan juga lagu-lagu yang pernah dibuatnya.

Besar harapannya, Rian juga mempunyai keinginan untuk membuat karya bersama teman-teman Disabilitas. Agar bisa menunjukan sama teman-teman yang lainnya bahwa kita juga bisa punya karya, kita juga bisa produktif, kreatif, dan kita juga bisa menginspirasi banyak orang.

Pesan-pesan untuk teman-teman Disabilitas, bahwa kita semua ini sama, sama-sama berjuang, sama-sama dalam satu golongan.

“Tetap semangat menjadi inspirasi buat banyak orang, kita ini tidak beda, kita tidak lemah tapi kita istimewa dengan keadaan kita saat ini. Kita tunjukkan bahwa kita bisa berkarya, kita tunjukkan bahwa kita produktif. Jadi kita bisa menginspirasi bagi teman-teman yang lain, buat teman-teman Disabilitas dan yang non Disabilitas juga bahwa kita aja kok bisa. Dan intinya adalah kita ga bisa bergerak sendiri, jadi bukan cuma aku, bukan cuma kamu, tapi kita semua bisa untuk menghadapi ini semua,” tutup Rianda Dwi Saputra ketika diwawancarai via daring. (FEB/MG)

Sumber: LIVE BI edisi Maret #GegayaanMasaKini​ https://www.youtube.com/watch?v=Jp3Jk...​ 
#BincangIsyarat​
#KamiBijakChannel​
#GenggamDuniaTanpaSuara​

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel​ 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom​ 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram​ 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook​ 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.