KabarBijak

Ketahuilah, Ini Perbedaan Pertandingan di Cabor Renang Pada PON dan Peparnas Papua

Inilah perbedaan antara kejuaraan PON dan Peparnas Papua pada cabang olahraga renang.

170   views

KamiBijak.com, Infosiana – Renang menjadi salah satu di antara 12 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam pesta olahraga di Tanah Air Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua, 2-15 November 2021. Kabarnya pelaksanaan pertandingan pada cabor ini akan dilaksanakan di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, mulai 8 hingga 13 November.

Tapi tahukah kalian, ada beberapa poin penting yang membedakan antara PON dan Peparnas. Terdapat poin penting yang menyangkut dengan para peserta penyandang disabilitas itu sendiri. 

1. Jumlah medali
Jumlah medali pada kejuaraan Peparnas Papua akan jauh lebih banyak dari PON, karena akan lebih banyak lagi klasifikasi pada setiap nomor. Pada cabor renang, Peparnas akan melombakan 192 nomor dengan 12 klasifikasi yang terdiri dari lima gaya baik dari sektor putra dan putri gaya bebas meliputi 50m, 100m, dan 400m. Sementara gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung masing-masing 50m, dan 100m. Adapun gaya ganti hanya 200m.

Artinya atlet yang bertanding akan memperebutkan 192 medali emas, yang di mana 105 medali emas yang sektor putra dan 87 untuk putri. 

2. Klasifikasi pada cabor renang
Terdapat tujuh klasifikasi di antaranya adalah S4, S5, S6, S7, S8, S9, dan S10. Klasifikasi ini ditujukan untuk atlet yang memiliki hambatan fisik seperti diamputasi, polio, kekakuan otot, hambatan tubuh yang lain, dan hambatan pertumbuhan badan.

Klasifikasi S11, S12, dan S14. Ditujukan untuk atlet yang memiliki hambatan penglihatan.

Klasifikasi S13 untuk atlet yang mengalami gangguan penglihatan sedikit, dan bagi atlet yang paling memenuhi syarat mengikuti kejuaraan. 

Klasifikasi S14 untuk perenang yang memiliki gangguan intelektual yang di mana bisa menyebabkan atlet tersebut memiliki reaksi yang lamban. 

Dan terakhir klasifikasi S15 ditujukan untuk atlet yang memiliki gangguan pendengaran minimal 55 Db.

3. Atlet elit dan Nasional
Atlet elite adalah mereka yang dulu pernah mengikuti pesta olahraga yang lebih besar seperti Asean Para Games di tahun 2015 hingga 2018. Sementara atlet nasional  adalah mereka yang sudah pernah mengikuti ajang pertandingan internasional. (GLOR/MG)

Sumber : https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4700505/beda-cabang-renang-pada-pon-dengan-peparnas-papua   

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:     
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: B3LPWDzAW-M

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.