BijakFun

Kenali Transabled, Orang yang Ingin Menjadi Disabilitas

Transabled dianggap sebagai neurologis, tetapi ada ahli yang mengatakan kondisi tersebut sebagai gangguan mental.

2,126  views

KamiBijak.com, Hiburan – Pernah mendengar ‘Transabled’? Mereka adalah orang-orang yang menginginkan untuk menjadi disabilitas atau gangguan fisik.

Jason atau dikenal ‘one hand Jason’, adalah seorang disabilitas yang memiliki satu tangan untuk bisa difungsikan. Kondisi disabilitasnya bukan dari lahir atau kecelakaan, melainkan karena ia menginginkannya.

Jason bukan satu-satunya orang yang mengalami kondisi tersebut, melainkan terdapat banyak orang yang merasa dirinya disabilitas padahal tubuhnya utuh. 

“Orang itu bisa saja ingin menjadi Tuli, buta, dan sengaja diamputasi hingga lumpuh. Itu keinginan yang sangat kuat,” ujar Alexandre Baril, seorang ahli gender dan seksualitas, seperti dikutip dari cnnindonesia.com.

Orang-orang transable tidak berbeda dengan transgender. Apabila transgender kebanyakan merasa berada di tubuh yang salah, maka seorang transable menganggap anggota tubuhnya seharusnya bukan menjadi milik mereka.

Transable juga bisa dikenal dengan gangguan identitas amputasi. Kondisi tersebut di bawah payung Body Integrity Identity Disorder (BIID), mereka yang sehat melukai diri sendiri agar dianggap disabilitas.

Ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa masalah ini termasuk ke dalam neurologis. Namun, ada juga yang berpendapat lain, yaitu gangguan mental. (MG/Galuh)

Sumber: cnnindonesia.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
Follow kami juga di sini: 
 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.