BijakFlash

Kemenkes Perluas Jaringan Telemedicine dan Obat Gratis di Seluruh Bodetabek

Kementerian Kesehatan Memperluas Pengirim Jaringan Obat Gratis Ke Bodetabek

355   views

Kamibijak.com, Flash - Kementerian Kesehatan RI kini semakin memperluas jaringan pemberian fasilitas Telemedicine dan obat gratis di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dengan bekerja sama dengan 11 platform kesehatan.

Hadirnya layanan kesehatan Telemedicine di tengah kondisi seperti ini sangat efektif untuk masyarakat dapat melakukan konsultasi dan melakukan isolasi mandiri untuk para pasien dengan gejala ringan dan pasien tanpa gejala secara virtual dan tanpa harus datang ke rumah sakit, sehingga pasien yang mengalami gejala berat dan kritis bisa mendapatkan layanan di rumah sakit. 

Total ada 11 platform yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan yaitu, Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat dan Getwell.

Untuk mempersingkat alur pelaksanaannya agar lebih efektif pasien hanya cukup mengisi data diri melalui salah satu platform Telemedicine yang dipilih dan langsung diproses secara otomatis. 

Sebelum melakukan konsultasi pastikan pasien  sudah melakukan proses pengambilan dan pemeriksaan di laboratorium. Untuk mendapatkan layananan ini, pasien harus melakukan tes PCR/Antigen di laboratorium  yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan. 

Jika hasil test tersebut positif pasien harus melaporkan ke pesan Whatsapp Kementerian Kesehatan yang ada centang hijau secara otomatis, tetapi jika tidak menerima pesan Whatsapp pasien bisa juga mendaftarkan NIK yang sesuai di KTP secara mandiri di https://isoman.kemkes.go.id. 

Setelah melakukan konsultasi pasien akan mendapatkan resep obat dari dokter secara digital dan bisa langsung Hanya ada 2 jenis obat yang ditanggung oleh Kementerian Kesehatan yaitu untuk pasien yang memiliki gejala ringan dan tanpa gejala. 

Layanan pengirim obat dari Kimia Farma  yang bekerja sama dengan ekspedisi Sicepat untuk mengirimkan obat ke pasien sesuai alamat yang tertulis pada form pendaftaran platform Telemedicine. 
Layanan Telemedicine menjadi pilihan yang terbaik untuk kondisi seperti ini karena beresiko terpapar sangat kecil sekali. (GLOR/MG)

Sumber: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/berita-utama/20210714/3938123/telemedicine-dan-obat-gratis-pasien-isoman-diperluas-ke-wilayah-bodetabek/  

#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara
 

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: https://www.youtube.com/c/KamiBijakID 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
=================
Tag: kemenkes,telemedicine,covid-19,obat gratis kemenkes,obat gratis covid-19,virus covid 19,satgas covid,pandemi covid,disabilitas,media ramah disabilitas,covid 19 bodebek,kamibijak,kamibijak.com