KabarBijak

Kemenkes Akan Lakukan Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Disabilitas Berusia 6-11 Tahun

Kemenkes juga telah mengungkapan rencananya akan memberikan vaksinasi kepada ABK.

665   views

KamiBijak.com, Infosiana – Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmizi, mengungkapkan rencana vaksinasi covid-19 untuk anak-anak disabilitas berusia 6-11 tahun. Hal itu Ia ungkapkan saat ditemui dalam acara talkshow yang diadakan oleh BNPB, Senin (08/11/21). 

Dalam acara yang bertemakan 'Vaksin Anak, Sayangi Keluarga', Nadia menjelaskan pihaknya akan bekerjasama dengan pihak terkait lainnya dari kalangan komunitas dan sekolah. Selain itu Kemenkes, juga akan bekerja sama dengan dinas sosial di tingkat daerah terkait penanganan anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan. 

Nadia mengatakan rencana tersebut muncul mengingat adanya 25 juta anak-anak yang berada di usia ini belum mendapatkan vaksinasi untuk menekan kasus COVID-19. Kemenkes akan memberikan akses vaksinasi untuk anak-anak yang berusia 6-11 tahun agar mendapatkan vaksin. 

Berdasarkan keterangan, vaksinasi akan dilaksanakan di setiap sekolah. Selain menyiapkan kondisi sang buah hati, orang tua juga harus menyiapkan syarat dokumen penting yang diperlukan yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Keluarga (KK).

"Sekolah pun sebenarnya sudah mendata hal ini. Jadi, untuk orangtua, sambil menyiapkan pelaksanaan vaksinasi, kita berharap untuk kemudian memastikan nomor NIK dari anak kita," ujar Nadia.

Nadia juga menambahkan, teruntuk anak-anak yang belum memiliki NIK, orangtuanya bisa datang ke kantor kecamatan dan kelurahan setempat. Tak hanya vaksinasi, NIK juga sangat penting untuk proses pembuatan dokumen pribadi lainnya. 

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Piprim Basarah Yanuarso, turut menjelaskan mengenai rencana vaksinasi kepada anak-anak penyandang disabilitas. 

Ia menjelaskan Pemantauan KIPI untuk vaksinasi yang akan dilakukan bagi anak penyandang disabilitas akan dilakukan dengan lebih ketat mengingat biasanya mereka tidak selalu dengan cepat menyampaikan apa yang dirasakan pasca vaksinasi. (GLOR/MG)

Sumber : https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4705686/kemenkes-ungkap-rencana-vaksinasi-covid-19-untuk-anak-disabilitas-usia-6-11-tahun  

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:     
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat