BijakFlash

Kemendagri Tengah Memproses 1 Maret Sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara

1 Maret dijadikan Hari Besar Nasional karena untuk mengingat perjuangan masyarakat memukul mundur tentara Belanda dari Kota Yogyakarta.

601   views

Kamibijak.com, Flash – Rencana penetapan 1 Maret sebagai peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara sedang diproses oleh Kementerian Dalam Negeri. Usulan penetapan hari besar tersebut diusulkan langsung dari Pemda DIY dari tahun 2018 silam.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menjelaskan bahwa rencana penetapan hari besar ini bertepatan pada 72 tahun lalu yang di mana pada 1 Maret 1949 di Kota Yogyakarta peristiwa ini mengingatkan bahwa kemerdekaan Indonesia diraih bukan karena hasil pemberian tapi karena perjuangan yang gigih dari masyarakat Indonesia. 

Selain itu latar belakang dari 1 Maret 1949 itu sendiri adalah di mana masa itu terjadi sebuah peristiwa besar yang berupa perlawan selama 6 jam yang dilakukan TNI/Polri, dan gerilyawan untuk memukul mundur tentara Belanda dari Kota Yogyakarta. 

"Pada tanggal itu, tentara RI menyerang tentara Belanda yang sedang berusaha menduduki kembali bangsa Indonesia. Peristiwa besar yang terjadi selama 6 jam di Jogja, berhasil membuka mata dunia akan keberadaan dan eksistensi Indonesia," kata Tito dalam kunjungan kerja dan dialog dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Senin (01/11) pagi di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Pihaknya telah menggelar rapat untuk meminta masukan dari seluruh pihak yang terkait. Hasil dari rapat tersebut membuahkan hasil, bahwa seluruh kementerian dan lembaga yang turut hadir saat rapat tersebut mendukung terkait usulan yang menetapkan tanggal 1 Maret sebagai Hari Besar Nasional. 

Pada tanggal 1 Maret 2022 mendatang, peringatan tersebut telah resmi diresmikan sebagai Hari Besar Nasional dan harus segera diatur secara resmi melalui keputusan Presiden RI. 

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengapresiasi kesediaan Menteri Tito menindaklanjuti usulan Pemda tersebut. Sri Sultan juga menambahkan agar bisa mengingat kembali tentang pentingnya penegakan kedaulatan bangsa melalui semangat persatuan dan kesatuan. (GLOR/MG)

Sumber: https://merahputih.com/post/read/kemendagri-proses-usulan-1-maret-sebagai-hari-besar-nasional      

#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara 

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

===========================
Tag: kemendagri,1 maret,hari penegakan kedaulatan negara,hari penegakan kedaulatan negara 1 maret,hari besar nasional,
1 maret 2022,serangan umum 1 maret 1949,1 maret hari penegakan kedaulatan negara,disabilitas,penyandang disabilitas,
difabel,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com