KabarBijak

Kembangkan Laboratorium Riset Bahasa Isyarat, UI Gandeng Universitas Korea Selatan

Demi mengembangkan Laboratorium Riset Bahasa Isyarat, UI menggandeng Universitas Korea Selatan.

262  views

KamiBijak.com, Infosiana - Ada kabar baik untuk komunitas Tuli! Universitas Indonesia (UI) mulai mengembangkan Laboratorium Riset Bahasa Isyarat (LRBI) di Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Oleh karena itu, UI menggandeng ketiga universitas dari Korea Selatan guna mengembangkan laboratorium riset tersebut dalam tujuan mendalami ilmu tentang bahasa isyarat. UI akan mengadakan kerja sama dengan tiga universitas dari Korea Selatan yakni Korea Nazarene University, Baek Seok University, dan Kyung-In Women’s University. 

Saat kunjungan para delegasi UI ke Korea, delegasi UI menerima naskah Memorandum of Understanding (MoU) yang akan ditandatangani oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D.

Dengan Nazarene University, delegasi UI kerja sama atas pengembangan Laboratorium Riset Bahasa Isyarat di FIB UI melalui program pertukaran mahasiswa Tuli, baik secara luring maupun daring. Berikutnya dengan Baek Seok University ini, UI juga mengadakan program pertukaran mahasiswa dan dosen, mengingat hal bahwa universitas tersebut adalah salah satu universitas swasta yang paling besar di Korea dan sudah sering melakukan program pertukaran. Terakhir, dengan Kyung-In Women’s University, demikian juga dilakukan program pertukaran dan perolehan kredit.

Selain menjajaki kerja sama, dalam kunjungan pada 21-26 Mei 2024, delegasi UI mendatangi Smart Farm yang ada di Korea Nazarene University. Di sana, para dosen dan mahasiswa mengembangkan beberapa jenis buah, seperti timun, melon, dan stroberi, dengan basis data artificial intelligence (AI).

Delegasi UI juga berkesempatan menghadiri pembukaan Cheonan K-Culture Expo 2024 yang merupakan ajang ekspose secara besar-besaran kebudayaan kontemporer Korea yang mendunia, seperti K-pop, K-drama, K-film, dan K-kuliner. (Restu) 

Sumber: Liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.