KabarBijak

Kata Pengamat Soal Motif Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar

Pengamat Intelijen menduga bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar dilatarbelakangi tiga motif.

215   views

Kamibijak.com, Infosiana – Stanislaus Riyanta selaku pengamat Intelijen, menyebutkan sel-sel teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) masih beroperasi secara aktif dan menyebar hampir merata di Indonesia. Maka dari itu, diperlukannya pencegahan aksi teror serupa demi menjalankan pemahaman ajaran agama yang benar.

Penangkapan terhadap 24 anggota JAD asal Sulawesi Selatan memicu terjadinya insiden bom bunuh diri pada hari Minggu (28/3). Beberapa dugaan kuat untuk pelaku pemboman Gereja Katedral Makassar juga akan tertangkap, sehingga mereka memilih untuk melakukan aksi bom bunuh diri daripada tertangkap.

"Pemboman tersebut diyakini terjadi karena dilatarbelakangi tiga motif, yaitu balas dendam, mencapai tujuan ideologi, dan eksistensi," kata Stanislaus.

Para teroris bahwa aksi yang mereka lakukan adalah aksi yang benar dan mendapatkan kemuliaan. Mereka juga mengajak orang-orang terdekatnya untuk mencapai kemuliaan sesuai keyakinannya.

"Selanjutnya adalah tujuan kelompok, menunjukkan bahwa kelompok JAD masih eksis,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Pusat Studi Politik dan Kebijakan Strategis Indonesia ini meyakini keputusan pelaku memilih momen ibadah Misa Palma karena mereka sudah terdesak dan faktor keamanan gereja yang tidak terlalu ketat.

"Jadi memang ada momentum yang bersamaan," jelas dia.

Stanislaus melihat, para pelaku selama ini bukanlah 'sel tidur', melainkan bersembunyi layaknya hantu.

"Semakin besar tekanan, ada dua kemungkinan mereka akan menghilang, menyembunyikan diri atau mereka melakukan aksi balasan yang dipercepat," tutupnya. (FEB/MG)

Sumber: https://merahputih.com/post/read/tiga-motif-bom-bunuh-diri-di-gereja-katedral-versi-pengamat
#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): bom bunuh diri,bom bunuh diri di gereja katedral,bom bunuh diri di gereja katedral makassar,motif bom bunuh diri,motif bom bunuh diri di gereja katedral,motif bunuh diri di gereja katedral makassar,disabilitas,media disabilitas,kamibijak,kami bijak