KabarBijak

Kabar Gembira: Kartu Prakerja Sudah Hadir, Bisa Dapat Dana Rp 3,55 Juta per Bulan

Pemerintah secara resmi meluncurkan program kartu pra-kerja untuk para pencari kerja, peserta akan menerima bantuan dana sebesar Rp 3.55 juta/bulan

3830   views

Kamibijak.com, Infosiana. Kabar baik bagi anda yang baru lulus sekolah atau sedang mencari pekerjaan. Pada 11 April 2020 kemarin pemerintah secara resmi meluncurkan program Kartu Prakerja. Setiap peserta yang diterima dalam program ini bisa mendapatkan manfaat senilai Rp 3.55 juta per bulan dari pemerintah.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan dana yang diperoleh dari pemerintah bisa digunakan untuk biaya pelatihan hingga membeli sembako. Airlangga juga merinci mandaat Kartu Prakerja diantaranya untuk biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta. Uang dapat digunakan untuk membeli program pelatihan yang diinginkan melalui platform pendidikan yang sudah bekerjasama dengan pemerintah.

Dana insentif juga diperoleh peserta sebesar Rp 2,4 juta dan akan dibayarkan secara angsur. Maksudnya, setiap bulan peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan dana sebesar Rp 600 ribu selama empat bulan. Peserta juga bisa mendapatkan dana insentif tambahan setelah menyelesaikan pelatihan dan mengisi survei evaluasi sebesar Rp 150.000 selama 3 kali survei.

"Insentif akan dilaksanakan atau ditransfer melalui rekening bank, e-wallet, LinkAja, Gopay dan OVO milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian, yakni pasca atau setelah penuntasan pelatihan pertama," kata Airlangga saat merilis program kartu pra kerja, Sabtu (11/4/2020).

Pendaftaran peserta Kartu Prakerja dilakukan secara bertahap setiap hari minggu. Gelombang pertama akan dilakukan pada 11 April sampai 16 April 2020 hingga pukul 4 sore. Pengumuman peserta yang lolos pada tahap pertama akan diumumkan pada Jumat (17/4/2020) dengan jumlah kuota perekrutan sebanyak 164 ribu peserta.

Peserta nantinya akan mendapatkan kode unik yang bisa digunakan untuk membeli program pelatihan melalui platform digital yang sudah bekerjasama dengan pemerintah. Platform yang dimaksud diantaranya Tokopedia, Ruangguru, dan pilih mau belajar apa. Apabila peserta belum lolos di tahap pertama, maka peserta bisa mencoba kembali di gelombang kedua yang akan dibuka pada 16 April 2020 di atas pukul 16.00 WIB.

"Tidak perlu mengulang dari awal. Akan ada petunjuk di web. Bagi masyarakat yang alami kesulitan untuk mendaftar, maka manajemen pelaksana Kartu Prakerja sediakan layanan masyarakat atau call center di 02125541246. Tiap Senin sampai Jumat 08.00-19.00 WIB. Bisa juga di email di info@prakerja.go.id," ujar Airlangga.

Airlangga mengingatkan bagi peserta yang telah mendaftar dan diterima maka harus langsung memilih dan membeli program pelatihan yang diinginkan. Masa aktif voucher yang diberikan hanya berlaku selama satu bulan. 

Sumber:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20200413075243-4-151376/asyik-peserta-kartu-prakerja-jokowi-dapat-rp355-juta-bulan/2

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.