KabarBijak

Kabar Baik! Unpam Punya Program Kuliah Gratis Khusus Penyandang Disabilitas

Pembangunan 12 gedung Unpam di Serang resmi dimulai. Unpam juga menyiapkan program kuliah gratis untuk mahasiswa penyandang disabilitas.

723   views

KamiBijak.com, Infosiana. Pembangunan 12 gedung Universitas Pamulang atau Unpam di Serang resmi dimulai sejak 20 januari 2020. Sejalan dengan itu, Unpam juga menyiapkan program kuliah gratis untuk mahasiswa penyandang disabilitas.

Lokasi kampus baru ini terletak di Jalan Raya Serang-Jakarta, tepatnya di Kampung Limandang, Kelurahan Kelodran, Kecamatan Walantaka, Kota Serang. Syafrudin selaku Wali Kota Serang turut hadir dalam pemancangan tiang pertama sebagai tanda proyek pembangunan kampus Unpam Serang mulai dikerjakan. Rencananya, Universitas akan membangun 12 gedung di mana setiap gedung memiliki 10 lantai yang bisa menampung sekitar 200 ribu mahasiswa.

Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup dan Pengelola Unpam, Darsono, mengatakan keberadaan gedung baru di Ibu Kota Provinsi Banten ini ditujukan untuk menghadirkan kesempatan pendidikan yang lebih tinggi kepada Warga Banten.

"Biaya terjangkau sebesar Rp 150 ribu per bulan. Jadi per-semester sebesar Rp 900 ribu, dan tidak menggunakan uang gedung," kata Darsono.

“Dengan kehadiran kita, bukan hanya kesempatan pendidikan, tetapi juga kesempatan usaha, kesempatan bekerja. Saya optimis banyak masyarakat sekitar yang ingin kuliah," tambahnya.

Darsono menilai, jumlah masyarakat Kota Serang yang mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi masih sedikit. Tepatnya hanya sekitar 12 persen, dibawah rata-rata nasional sebesar 34 persen.

"Masalahnya karena keterbatasan, terutama faktor ekonomi. Bukan tidak ingin kuliah. Mau kuliah tapi tidak terjangkau. Nah, ini kita buat keterjangkauan kuliah, biasanya hambatannya itu di uang masuk yang berjuta-juta, kita hanya dengan 150 ribu bisa kuliah," jelas Darsono.

"Tidak sekaligus menerima banyak, sekarang ada enam fakultas seperti ekonomi, teknik, hukum, sastra, mipa, dan FKIP ada 17 program studi kalau dengan kesehatan ada 25 program studi," ungkapnya.

Darsono menambahkan, selain memberikan biaya pendidikan perguruan tinggi murah, Unpam juga memiliki program khusus untuk masyarakat penyandang disabilitas yang ingin berkuliah. Program khusus ini ditujukan supaya masyarakat penyandang disabilitas bisa kuliah gratis tanpa ada biaya apapun.

"Kita gratis jika sodara (penyandang difabel) memiliki ijazah SMA, silahkan daftar saat ini. Masih ada di Unpam Pamulang, kita gratis dan semua peralatan yang diperlukan kita berikan semua gratis sampai lulus," pungkasnya.

Wali Kota Serang, Syafrudin mengungkapkan pembangunan Unpam di Kota Serang akan memberikan kontribusi yang baik untuk masyarakat termasuk pertumbuhan ekonomi di Kota Serang.

"Insha Allah dengan biaya (kuliah) Unpam ini yang murah, mudah-mudahan masyarakat Kota Serang yang lulus SLTA langsung kuliah di Unpam," tutupnya.

 

Sumber: https://bantenhits.com/2020/01/20/unp...

 

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.