BijakFun

Joe Turnbull Berbagi Pengalaman di Disability Arts Online

Sebagai asisten editor di Disability Arts Online sejak 2015, Joe Turnbull membagikan sedikit pengalamannya.

497   views

KamiBijak.com, Hiburan – Berlatar belakang dari jurnalisme seni dan mempelajari politik yang kemudian menjadikan dirinya aktivis di berbagai masalah sosial, Joe Turnbull melamarkan dirinya ke Disability Arts Online. Setelah menjadi asisten editor sejak tahun 2015 di sana, Joe membagikan pengalamannya.

Joe mengaku saat dirinya melamar dalam pekerjaan di Disability Arts Online, ia terkejut dengan model sosial Disabilitas yang ada. Dirinya langsung mengubah cara pikirnya tentang Disabilitas.

“Apa yang dikatakan model sosial ialah bahwa penyandang Disabilitas dilumpuhkan oleh hambatan yang diciptakan dalam masyarakat, bukan oleh kondisi individu mereka,” ujar Joe.

Dirinya menyebutkan bahwa rasa syukur tiap hari harus diucapkan, pasalnya beberapa orang seniman Disabilitas yang ia temui adalah pahlawan bagi dirinya. Joe mengungkapkan bahwa seniman Disabilitas adalah pemecah masalah dan dapat berpikir di luar kebiasaan.

“Penyandang Disabilitas tidak menginginkan perlakuan khusus, mereka hanya menginginkan pemerataan,” tambah Joe.

Di Disability Arts Online sendiri lebih cenderung berfokus pada seniman yang bekerja (atau setidaknya bercita-cita untuk) tingkat profesional. 
Joe juga menjabarkan seniman Difabel sama beragamnya dengan seniman lainnya, sehingga apa dihasilkan mereka sama-sama beragam. Hanya saja ada sesuatu seperti ‘estetika Disabilitas’ itu yang membuat perspektif Disabilitas sedikit unik.

Kendala terbesar di DAO menurut Joe ialah kurangnya kapasitas. Ada begitu banyak seniman penyandang Disabilitas di luar sana yang membutuhkan dukungan. Belum lagi tantangan terbesar setiap hari adalah hambatan sikap, prasangka dan stereotip yang terus berlanjut di masyarakat yang lebih luas.

Sebagai seseorang yang sudah dibilang berpengalaman Joe menitipkan sebuah pesan dan tips bahwa, jangan berharap terlalu produktif. Menurutnya obsesi yang berlebihan terhadap produktivitas tidak sehat bagi seniman mana pun, apalagi seniman Disabilitas yang memiliki hambatan sosial serta masalah terkait gangguan yang harus dihadapi.

“Kualitas melebihi kuantitas setiap saat. Tapi saya kira, tentukan sendiri tujuan yang realistis. Jangan takut gagal, percaya saja pada pekerjaan Anda dan buatlah pekerjaan yang menarik bagi Anda,” tutur Joe. (Joang/MG)

Sumber : Wawancara via WhatsApp 22 Juli 2021

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
=========================================================================
Tag: disability arts online,joe turnbull,joe turnbull disabilitas,joe turnbull difabel,difabel,kisah disabilitas,kisah disabilitas inspiratif,difabel,media ramah disabilitas,kamibijak.com,kambijak