BijakFun

Jago Membuat Komik, Ini Dia Salsabilla Wisudawati Tuli dari ITB

Wisudawati DKV ITB, Salsabilla merupakan orang Tuli yang jago membuat komik.

117  views

Kamibijak.com, Hiburan – Salsabilla Rasika Sumekto, wisudawati lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun akademik 2021/2022 prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) berhasil menyelesaikan masa perkuliahannya. Memiliki keterbatasan mendengar sejak lahir, membuatnya tetap berusaha menyelesaikan masa perkuliahan hingga akhir. 

"Perjalanan di DKV ITB juga membentuk aku dalam menunjang karier nantinya. Pengalaman yang berharga untuk menjadi bekal ilmu fundamental yang penting dalam ranah ilustrasi, komik, animasi, dan desain grafis. Hal yang terpenting dari DKV ITB itu adalah membentuk pola pikir yang membuka banyak pandangan baru dalam ranah DKV," ujar Salsabilla keterangan tertulis ITB, pada Sabtu (23/7/2022).

Salsabilla hanya mengandalkan visual secara penuh dalam pembelajarannya, seperti tulisan yang dipresentasikan oleh dosen dan catatan dari rekannya. Walapun sebenarnya, Salsabilla bisa membaca gerak bibir tetapi hanya 30% saja. Ia pun tidak bisa mendengar perjalanan cerita pribadi para dosennya. 

Keistimewaan yang dimiliki oleh Salsabilla, ia dijadikan sebagai topik Tugas Akhir. Ia membuat karya buku ilustrasi dengan topik budaya Tuli di Indonesia. Buku ilustrasi landscape berukuran A4 ini berisi daftar ilustrasi yang memberikan pemahaman mendalam tentang budaya Tuli. 

Dalam pembuatannya tersebut, Salsabilla mengaku tidak ada kendala  visualisasi, akan tetapi dia memiliki kesulitan dalam mencari sumber literatur yang spesifik dengan karakter bangsa Indonesia yang dapat dipercaya. Hal tersebut mengakibatkan kendala dalam mewawancarai teman-teman Tuli untuk tugasnya.

Ke depannya, Salsabilla ingin lebih mempelajari bidang ilustrasi dan komik. Karena menurutnya, kedua bidang tersebut memberikan kesempatan dalam mengeksplorasi visual. Selain Itu, topik apapun bisa dijadikan komik terlebih lagi topik-topik yang memang ia gemari. (MG/Alissa)

Sumber : detik.com 

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.