Inspiratif! Tunanetra Pengusaha Asal Bekasi Raup Omset Puluhan Juta dari Bisnis Makanan

Tunanetra pengusaha makanan asal Bekasi awal bisnis dan modal hanya Rp 500 ribu. Inspiratif, setiap tahunnya Linda mampu meraup omset puluhan juta.

697   views

Kamibijak.com, Kuliner – Semangat membara dan pantang menyerah menjadi resep kesuksesan pengusaha tunanetra asal Bekasi, Monika Linda Permatasari. Lewat usaha makanan, Linda sukses meraup omset puluhan juta setiap tahunnya.

Linda menjalankan usaha online makanan beku dan berbagai jenis kue setidaknya selama lima tahun terakhir. Ia mengaku bisa meraup omset tak kurang dari Rp 40 juta per tahun.

Sumber penjualan sebagian besar berasal dari jejaring sosial Instagram. Semua produk makanan Ia jual lewat akun instagram @cipcipcomm_store. Linda juga memanfaatkan marketplace seperti tokopedia

Ibu satu anak ini memiliki jiwa wirausahawan sejak kecil meski harus terhenti sementara karena kewajibannya sebagai ibu rumah tangga. Sampai saat anaknya sudah cukup besar, Linda mulai berfikir kembali untuk membantu perekonomian keluarga.

Inisiatif inilah yang membuat Linda kembali berjualan. Awalnya Ia mencoba kue yang dibuat oleh teman, lalu menawarkan diri untuk membantu penjualan.

Dari situ, Linda memulai usaha bisnis menjual kue dari tangan pertama atau bisa disebut distributor. Modal awal yang Ia gunakan tak banyak, hanya Rp 500 ribu. Linda menjual berbagai macam kue kering seperti nastar, kue putri salju, kastengel, dan lainnya.

Tidak berhenti pada kue kering saja, Linda juga berbisnis makanan beku seperti ayam goreng yang sudah dibumbui, bakso, nugget, serta sayuran beku. Tak lupa ada juga berbagai jenis kacang-kacangan.

Dalam menjalankan bisnisnya, Linda memberdayakan teman sesama disabilitas. Salah satunya adalah Uke, penyandang tuna daksa yang membantu pengiriman barang dengan memesan ojek online untuk mengantarkan produknya.

Linda cukup merasa terbantu oleh teman disabilitas. Apalagi sebelumnya semua pekerjaan harus Ia lakukan seorang diri.

Misalnya saja untuk mem-packing barang yang dikirim dari produsen untuk dibungkus ulang. Sebelumnya ada saja halangan yang Linda lalui. Seperti kacang atau kerupuk melempem, hingga bungkus yang rusak dan membuat pelanggan enggan memesan lagi.

"Memang bisnis ini tidak selalu mulus. Kadang-kadang ada kemasan yang terbuka ya jadi membuat melempem dan akhirnya pelanggan komplain, ga mesen lagi. Ya saya sempat mengalami kerugian hingga lebih dari lima juta. Tapi saya terus semangat, gak mau menyerah dan mencoba lagi dan mencari produk lain lagi," ujar Linda.

Linda berharap di tahun 2020 ini Ia bisa membuka usaha resto yang mayoritas pekerjanya Ialah teman-teman disabilitas. Tentunya juga dibantu oleh teman-teman non-disabilitas.

Kalau kamu tertarik untuk memesan bisa kunjungi instagramnya @cipcipcomm_store atau di tokopedia https://www.tokopedia.com/cipcip-store

Sumber : Hasil liputan (Senin 13 Januari 2020, Bekasi )

----
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
=================

Tag: tunanetra pengusaha,tunanetra bekasi,tunanetra pengusaha makanan,tunanetra sukses,bekasi,tunanetra,sukses,video motivasi,kisah inspirasi,kisah motivasi hidup,motivasi,kata bijak,cerita inspiratif kehidupan,inspirasi kehidupan,buta,kisah,kisah inspiratif orang sukses,inspirasi,inspiratif,inspirasi hidup,cerita motivasi,kisah inspiratif,cerita inspiratif,kisah kisah inspiratif,indonesia (country),television (invention),berita,umkm,youtube,sosok inspiratif,inspirasi indonesia,kamibijak,kuliner