BijakFlash

Ini Dia 5 Universitas Ramah Disabilitas di Dunia!

Disabilitas punya hak untuk menempuh pendidikan tinggi.

2,358  views

Kamibijak.com, FLASH – Disabilitas bukanlah penghalang untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas. Saat ini, sudah banyak universitas yang terbuka dan memfasilitasi siswa disabilitas, terdapat 125 universitas dari berbagai negara yang mengikuti pemeringkatan universitas ramah disabilitas, berikut adalah lima universitas yang mendapatkan predikat ramah disabilitas terbaik!

  1. Open University, UK

Universitas ini berhasil meraih skor 90,94 dan merupakan universitas ramah disabilitas dengan peringkat pertama tingkat internasional. Open University bahkan memberikan tunjangan yang didanai pemerintah kepada mahasiswa disabilitas di Inggris. 

      2. University of Alicante, Spanyol

Universitas yang terletak di Spanyol ini menjamin prinsip kesempatan yang sama dan aksesibilitas secara universal. Melalui programnya, University of Alicante menyediakan konseling psikologis, psikopedagogis, dan seksologis, serta tindakan sosial dan sukarela untuk mahasiswa disabilitas. 

      3. Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Universitas ini membuka jalur tes khusus disabilitas yang diupayakan mendapatkan beasiswa. Dengan komitmennya, Unesa menyediakan lingkungan, sarana, dan sistem layanan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa disabilitas.

     4. Universitas Brawijaya, Indonesia

Pihak universitas menyediakan Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) untuk memenuhi hak-hak disabilitas. Terdapat dua jenis fasilitas yang disediakan, yakni fasilitas fisik dan fasilitas non fisik.

     5. The University of Sydney, Australia

Mahasiswa disabilitas sudah bisa mendapatkan akses ke penyesuaian dan layanan yang diperlukan selama pembelajaran seperti, penyesuaian jadwal kuliah, akses teknologi bantuan, dukungan kuliah, perpustakaan, dan masih banyak lainnya. (MG/Disha)

Sumber: idntimes.com

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
 
Follow kami juga di sini: 
 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.