KabarBijak

"Indonesia Inklusi, SDM Unggul" Dalam Rangka Hari Disabilitas Internasional 2019

Pelayanan kesehatan yang inklusif dibagi menjadi dua sasaran utama, yaitu, kemudahan mengakses fasilitas kesahatan untuk disabilitas...

571   views

KamiBijak.com, Infosiana. Kementrian Kesehatan membuka rangkaian Hari Disabilitas Internasional dengan seminar bertajuk “ Indonesia Inklusi SDM Unggul”, yang diselenggarakan pada Kamis (28/11) lalu di gedung Prof. Sujudi Kementrian Kesehatan, Jakarta Selatan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan seminar uang dibuka oleh Dirjen P2P, dr.Anung Sugihanono,M.Kes dalam rangka Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2019 di Jakarta, yang juga turut dihadiri oleh beberapa lintas program dan sektor di lingkungan Kemenkes, dan lintas Kementrian terkait seperti Kementrian Sosial, Ditjen Pendidikan Dasar Kemendikbud RI, Kementrian PUPR, Perhimpunan Dokter Spesialis Fisik dan Rehabilitasi, dan Penyandang Disabilitas.

Menurut dr.Eduard Kepala Subdirektorat Gangguan indera dan Fungsional Penyakit tidak Menular Kemenkes RI “ Senada dengan tema HDI tahun ini yang mengusung tema Indonesia Inklusi SDM Unggul maka Fokus Kementrian Kesehatan saat ini, yakni untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang inklusif bagi penyandang disabilitas.”

Pelayanan kesehatan yang inklusif ujarnya dibagi menjadi dua sasaran utama, yaitu, kemudahan mengakses fasilitas kesahatan dan pemberdayaan masyarakat untuk membantu keluarga Penyandang Disabilitas agar mampu beradaptasi dan bisa mandiri secara parsial maupun secara total dalam mengakses fasilitas kesehatan yang diperlukannya.

Karena dengan adanya kemandirian dari Penyandang Disabilitas dalam meningkatkan kesejahteraan eknominya, maka pihak Kementrian Sosial bersama dengan Kementrian Perindustrian mencanangkan pelatihan bagi Penyandang Disabilitas dengan nama program 3D yaitu : pelatihan-sertifikasi-dan penempatan kerja. Diharapkan penyandang disabilitas mendapatkan pelatiahan dalam bentuk asistensi social penyandang disabilitas (ASDP) yang di dampinigi oleh tenaga professional serta Kemensos juga membantu menyediakan perlengkapan alat bantu dan peningkatan kesejahteraan bagi Penyandang Disabilitas.

“Presiden berjanji akan membangun pabrik yang ramah bagi pekerja disabilitas, maka hal ini kami tindak lanjuti dengan diperlukannya kajian-kajian yang mendalam agar dapat mengetahui bagaimana dampak dan sumberdayanya yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan dan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi Penyandang Disabilitas,” ujar Heriati Nita Miranda Prajitno selaku Kasubdit Rehabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Kemensos RI.

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.