BijakFun

Hong Seoyoon, Wanita Disabilitas Yang Berhasil Menjelajah 30 Negara

Walaupun dengan kekurangan itu bukan menjadi hambatannya untuk menjelajahi dunia dan ia ingin setiap orang juga merasakan apa yang ia rasakan.

2540   views

KamiBijak.com, Hiburan – Siapa yang tidak suka dengan yang namanya travelling? Tentunya hal yang bisa membuat setiap orang yang menikmati masa-masa ini pasti bahagia bukan? Itu juga yang dirasakan oleh Hong Seoyoon. Seorang wanita asal Korea Selatan yang membuktikan bahwa kekurangan bukanlah menjadi hambatannya untuk berkelana. 

Walaupun kondisinya yang mengharuskannya menggunakan kursi roda, tetapi itu bukanlah menjadi alasannya untuk menyurutkan semangatnya untuk menjelajahi dunia. Saat ini sudah 30 negara yang dijelajahinya termasuk Indonesia. 

Selain hobi traveling, ternyata wanita 32 tahun ini juga seorang aktivis yang selalu menyuarakan hak para difabel, hal itu dilakukannya karena dulu ia sempat mendapatkan perlakuan diskriminasi di kota kelahirannya sendiri.

Ia merasa bahwa Korea Selatan masih belum memahami tentang pentingnya fasilitas penunjang untuk para difabel. Ia tidak bisa berjalan karena mengalami cedera saat berenang, ia pun merasakan bagaimana sulitnya ia bagaimana ia mendorong kursi roda di kondisi jalan yang belum ramah dengan difabel.

Tidak hanya itu, Seoyoon juga menambahkan bagaimana ia harus masuk ke sekolah khusus padahal secara kemampuan ia mampu sekolah di sekolah umum. Dengan pengalamannya itu, ia memutuskan untuk mengampu pendidikan hingga mendapatkan gelar master di bidang kesejahteraan Seoul National University. 

Seoyoon tetap ini merasakan keindahan dunia, dan ia ingin memberikan kesempatan untuk setiap orang yang memiliki kekurangan.

Dilansir dari South Morning China Post, Seoyoon mengatakan, "Mereka (difabel) ingin bepergian, mereka ingin berkunjung ke tempat-tempat lain. Saya pikir mereka tidak berbeda. Memiliki keterbatasan bukan sesuatu yang spesial atau aneh."

Seoyoon menjelaskan, diantar seluruh negara yang pernah ia kunjungi Swiss menjadi salah satu negara yang memiliki fasilitas yang ramah akan para penyandang disabilitas. 

Sejak tahun 2017, Seoul telah memiliki 9000 fasilitas ramah difabel di antaranya adalah termasuk lift, toilet khusus difabel dan membuat jalan dengan penanda untuk orang buta.(GLOR/MG)

Sumber :   https://travel.detik.com/travel-news/d-4783724/inspiratif-kisah-wanita-difabel-sudah-traveling-ke-30-negara       

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:     
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat