KabarBijak

Harimau di AS Positif Corona, Gugus Sumut Jaga Jarak dengan Hewan

Seekor Harimau di AS positif virus corona dan menular ke hewan lain. Upaya antisipasi dilakukan di Indonesia, Gugus Sumut menerapkan jarak dengan..

848   views

KamiBijak.com, Infosiana - Seekor harimau di Kebun Binatang Bronx, New York, Amerika Serikat (AS) dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Untuk mencegah hal serupa, Gugus Tugas COVID-19 Sumatera Utara mengingatkan warga untuk menjaga jarak dari hewan sebagai upaya memutus penyebaran virus corona.

"Memang dari awal kita kan menjaga jarak, termasuk dengan hewan peliharaan. Kan sudah disampaikan dari awal dulu," ucap Aris Yudhariansyah selaku jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara dpada Senin (6/4/2020) dilansir dari detik.com.

Dia mengatakan belum ada kasus penularan virus corona dari hewan ke manusia maupun sebaliknya yang terjadi di Indonesia. Namun pihaknya tetap meminta warga untuk menjaga jarak dengan hewan termasuk peliharaan di rumah.

"Sampai saat ini inangnya virus corona belum diketahui secara pasti. Ada yang bilang kelelawar, ada yang bilang ular, ada yang bilang tikus, ada yang bilang kucing, macam-macam. Jadi dari awal anjuran pemerintah untuk menjaga jarak juga dengan hewan-hewan peliharaan," ucapnya.

Sebelumnya ada informasi yang dilansir dari AFP, Senin (6/4) terdapat seekor harimau Malaya betina berusia 4 tahun bernama Nadia yang mengalami gejala batuk-batuk kering yang akan diperkirakan segera pulih. Setelahnya, harimau betina lain bernama Azul, dua harimau Amur, dan tiga singa Afrika juga mengalami gejala yang sama.

Saat ini, harimau-harimau yang terinfeksi tengah menjalani pemeriksaan. Informasi mengatakan bahwa harimau-harimau yang mengalami gejala yang sama tersebut diyakini tertular dari salah satu pawang yang positif terinfeksi virus corona tanpa menunjukkan gejala apapun.

Masyarakat Konservasi Satwa Liar yang mengelola Kebun Binatang Bronx menyatakan bahwa saat ini mereka tengah memeriksa harimau yang menunjukkan gejala tersebut dalam upaya pencegahan. Juga memastikan setiap ilmu terkait COVID-19 untuk pemahaman berkelanjutan terkait.

Tidak hanya harimau, hewan-hewan peliharaan juga dikabarkan ada yang positif terinfeksi virus corona. Seekor kucing peliharaan di Belgia dinyatakan positif virus corona pada akhir Maret lalu. Kasus serupa juga terjadi di Hong Kong, dua anjing peliharaan dinyatakan positif virus corona. Hewan-hewan peliharaan itu diyakini tertular dari manusia yang hidup bersama mereka.

Sumber:

https://news.detik.com/berita/d-4966793/harimau-positif-corona-di-as-gugus-sumut-ingatkan-jagajarakdulu-ke-hewan?single=1

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.