BijakFlash

Hal yang Harus Diperhatikan Teman Tuli Ketika Hendak Gunakan Alat Bantu Dengar

Sebelum menggunakan ABD, berikut ada hal yang perlu diperhatikan teman tuli. Termasuk dalam kendala saat pertama kali menggunakan ABD.

564   views

Kamibijak.com, Flash – Teman Tuli adalah Disabilitas sensorik yang berkaitan dengan pendengaran. Sebagian teman Tuli ada yang bisa menggunakan alat bantu dengar (ABD) ada juga yang tidak bisa.

Bagi teman-teman yang menggunakan ABD, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini disampaikan oleh dr. Witha Novialy Barnas dan dr. Fikri Mirza Putranto di Ruang Mendengar.Beberapa hal itu antara lain: 

- Sebelum memulai komunikasi, teman Tuli harus menyampaikan kepada lawan bicara bahwa mereka masih menyesuaikan diri ketika berkomunikasi karena menggunakan ABD
- Ketika berkomunikasi harus berhadapan.
- Menghindari tempat yang ramai ketika melakukan komunikasi

Witha berpendapat bahwa saat pertama kali menggunakan ABD, teman Tuli berharap bisa mendengar dan melakukan komunikasi lebih mudah. 

“Namun, karena suara yang didengar dengan menggunakan ABD akan terdengar berbeda, pada awalnya mungkin teman-teman akan merasa kesulitan untuk mendengar percakapan dan bicara pada orang lain,” tulisan Witha dalam unggahan Instagram di @ruangmendengar, yang dikutip oleh Liputan6.com pada Senin (11/1/2021).

Selain itu, ada juga kendala dalam penyesuaian ketika melakukan komunikasi, ABD baru juga biasanya memiliki beberapa permasalahan, antara lain: 
- ABD memiliki rasa yang tidak nyaman ketika digunakan
- Suara diri sendiri terdengar menjadi lebih keras
- Dapat mendengar suara latar belakang
- Ketika mendengar suara, menjadi seperti siulan
- Ada dengungan ketika menggunakan ponsel. 

“Merasa nggak nyaman menggunakan ABD adalah hal yang wajar untuk pengguna baru ABD. Tapi kalau disertai dengan rasa sakit saat menggunakannya, segera konsultasikan pada dokter Telinga Hidung Tangan (THT) atau audiolog,” kata Witha.

Sedangkan ketika suara terdengar lebih keras saat penggunaan ABD, hal ini adalah tanda bahwa Teman Tuli masih perlu adaptasi dengan penggunaan ABD. 

“Tapi kalau terlalu mengganggu konsultasikan pada audiolog untuk pengaturan lebih lanjut.”kata Witha.(KEI/MG)

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4454081/tips-bagi-teman-tuli-lakukan-hal-ini-sebelum-mengobrol-menggunakan-alat-bantu-dengar?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): teman tuli,alat bantu dengar,penggunaan alat bantu dengar,alat bantu dengar telinga,alat bantu dengar yang bagus,tips menggunakan alat bantu dengar,tips memilih alat bantu dengar,review alat bantu dengar,cara menggunakan alat bantu dengar,kamibijak,kami bijak