BijakFun

Fotografer Disabilitas Ini Berkesempatan Untuk Mengabadikan Momen SEA Games

Evan Andraws berkesempatan ke Vietnam untuk memotret momen SEA Games.

689  views

KamiBijak.com, Hiburan - Pesta olahraga antar bangsa-bangsa Asia Tenggara atau SEA Games Vietnam 2021 resmi dimulai dengan upacara pembukaan di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, pada Kamis malam, setelah sempat tertunda satu tahun karena pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Meski beberapa protokol kesehatan terkait COVID-19 masih diberlakukan, namun upacara pembukaan SEA Games di ibu kota Vietnam itu tetap meriah, dengan peserta dan perwakilan dari cabang olahraga lain di berbagai atraksi dan parade. Sekitar 10.000 atlet dari 11 negara di Asia Tenggara akan ambil bagian dalam acara olahraga dua tahunan itu.

Merah Putih Group bekerja sama dengan NOC, berangkat ke Vietnam untuk meliput acara SEA Games 2022. Situasi COVID-19 di Vietnam sudah sangat membaik, bahkan seperti tidak ada COVID-19 lagi. Beberapa orang sudah mulai melepaskan masker dan beraktifitas seperti sedia kala ketika COVID-19 tidak ada. Mungkin masker digunakan ketika berada dalam indoor saja.

Evan Andraws, fotografer disabilitas menyampaikan bahwa akses untuk disabilitas di Vietnam cukup inklusif dan memadai. Seperti di Indonesia, Vietnam juga memiliki ojek online yang memudahkan para turis untuk berpergian dan mengeksplor kota-kota di Vietnam. Kendala yang dialami hanyalah kesulitan dalam berbahasa dikarenakan orang-orang yang bisa berbahasa Inggris sangatlah minim. Sama seperti fotografer lainnya, Evan hanya perlu memotret momen-momen penting dan menarik, untuk membantu reporter saat menyampaikan berita. 

“Menurut saya tentunya tidak jauh berbeda dari jurnalis-jurnalis foto lainnya, harus tetap mendapatkan momen penting di acara ini,” ucapnya melalui chat WhatsApp (20/05/22).

Sebagai fotografer disabilitas, Evan merasa masyarakat Vietnam sangat open minded dan tidak membeda-bedakan. Bahkan, beberapa orang penasaran dengan kegiatan Evan sebagai fotografer disabilitas. Ada beberapa orang yang menawarkan bantuan untuk menolong, namun Evan merasa masih bisa untuk melakukan sendiri. Evan sangat bersyukur bisa mendapatkan kesempatan mengabadikan momen SEA Games dan menjadikan kesempatan ini sebagai hal yang harus disyukuri. (Michelle/MG)

Sumber: : Dok. KamiBijak (20/05/2022) | @evan_andraws
evan_andraws | Instagram
 
 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat