BijakFun

Firman Sukawirya, Pahlawan Pendidikan bagi Anak-anak Disabilitas

Kisah Firman Sukawirya pemberi harapan anak-anak disabilitas mendapatkan pendidikan.

192  views

KamiBijak.com, Hiburan – Keterbatasan akses dan biaya kerap menjadi halangan anak-anak disabilitas di Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk mendapatkan kesempatan belajar. Hal ini membuat Firman Sukawirya, pria berusia 54 tahun mendedikasikan dirinya untuk memberi harapan anak-anak disabilitas mendapatkan pendidikan. 

Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencatat hanya 6 Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Bogor. Ironisnya, hanya satu dari enam sekolah ini yang dibangun oleh pemerintah, sementara sisanya dikelola oleh swasta yang menetapkan biaya pendidikan tinggi.

Karena hal tersebut, menggugah hati Firman untuk mendedikasikan dirinya dalam memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak disabilitas. Bermodalkan keyakinan yang dimiliki, pada 2013 Firman bersama rekan-rekannya merintis SLB Cahaya Qur’an.

Dibangunnya SLB Cahaya Qur’an sebagai jawaban untuk pendidikan anak-anak disabilitas yang terkendala oleh minimnya akses dan biaya. 

Perjalanan Firman dan rekan-rekannya tidak mulus. Saat pertama kali didirikan, SLB Cahaya Qur’an kurang menarik perhatian orang tua anak-anak disabilitas. Alasannya karena para orang tua pesimis akan masa depan anak-anak disabilitas.

Niat tulus dan tekad yang ditunjukkan Firman untuk memberikan sosialisasi kepada para orang tua akhirnya menunjukkan harapan. Orang tua anak-anak disabilitas memperbolehkan mereka untuk bersekolah di SLB Cahaya Qur’an.

Untuk membantu anak-anak disabilitas dan membangun SLB Cahaya Qur’an, Friman bahkan rela meninggalkan pekerjaan lamanya di dunia perhotelan yang telah ia geluti selama bertahun-tahun.

SLB Cahaya Qur’an pada awalnya hanya diperuntukkan untuk anak-anak disabilitas netra. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, Firman menyadari bahwa di sekitarnya masih banyak anak-anak dengan berbagai macam disabilitas juga membutuhkan pendidikan layak. 

Pada awalnya, Firman ikhlas merogoh dana dari kantong pribadinya. Namun, untuk saat ini ditambah bantuan dari para relawan dan donatur, Firman optimis dapat merintis SLB Cahaya Qur’an berkembang dan bermanfaat bagi anak-anak disabilitas lainnya.

Firman dan para pengajar di SLB Cahaya Qur’an terus berusaha tanpa kenal lelah memotivasi dan mengembangkan talenta yang dimiliki anak-anak disabilitas agar dapat menjadi bagian dari masa depan bangsa Indonesia. (MG/Nadia)

Sumber: Detik.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.