KabarBijak

Fasilitas Bus Sekolah Gratis Untuk Siswa Disabilitas di Jakarta

Bus sekolah khusus disabilitas telah resmi beroperasi di Jakarta, melayani lima rute selama beroperasi setiap harinya.

1,109  views

KamiBijak.com, Infosiana - Dinas Perhubungan DKI Jakarta meluncurkan lima unit bus sekolah khusus bagi siswa penyandang disabilitas. Bus ini diharapkan dapat memudahkan para siswa berkebutuhan khusus dalam menjalankan aktivitas pendidikan.

Acara peresmian atas peluncuran bus sekolah disabilitas telah berlangsung di Balai Kota Jakarta pada Rabu 17 Januari 2024. Di acara tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menyatakan jumlah armada bus ini akan ditambah secara bertahap dan fasilitasnya pun bakal ditingkatkan berdasarkan evaluasi. Dalam kesempatan yang sama, Heru juga menyerukan kepada masyarakat agar mendukung para siswa disabilitas supaya tetap semangat bersekolah. Pemprov DKI pun terus mendorong fasilitas terbaik untuk meningkatkan semangat siswa disabilitas dalam menimba ilmu.

Rute armada bus sekolah gratis ini meliputi Rorotan-Marunda (melewati SLB Negeri 8) Plumpang-Kemayoran (melewati SLB Negeri 9), serta YPAC Kebayoran Baru yang terdiri dari tiga rute meliputi Kalideres, Lubang Buaya, dan Muara Baru. Rute tersebut dipilih berdasarkan lokasi SLB dan dinilai banyak siswa yang membutuhkan akomodasi. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengungkapkan, kapasitas bus khusus disabilitas dapat digunakan bagi tujuh penumpang dengan kursi roda, sepuluh tempat duduk, dan 19 penumpang berdiri. Selain itu, ada fasilitas lainnya yang terdapat dalam bus yang dilengkapi dengan CCTV ini antara lain, lantai tekstil yang berguna sebagai panduan berjalan bagi para siswa disabilitas netra. 

"Jadi mereka terfasilitasi dengan baik. Untuk teknologinya disiapkan hidrolik sehingga kursi roda tidak harus didorong tapi cukup ditempatkan di platform dan akan di-lifting (diangkat) ke dalam bus, kemudian masuk, dan sebaliknya," terang Syafrin. (Restu)

Sumber: beritasatu.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.