KabarBijak

Erick Thohir Minta Bos-bos BUMN Tiru Akhlak Pegawai KRL yang Kembalikan Uang Rp500 Juta

petugas KRL paruh waktu yang mengembalikan kantong hitam berisikan uang Rp 500 juta.

1149   views

Kamibijak.com, Infosiana – Kisah pekerja KRL yang mengembalikan uang sebanyak Rp 500 juta kepada penumpang menarik perhatian Menteri BUMN, Erick Thohir. Ia meminta bos-bos BUMN untuk meneladani sifat jujur yang ditunjukan dua pegawai KRL yang belakangan viral itu. 

Erick Thohir menugaskan pegawai BUMN Level tinggi atau manajerial untuk belajar memiliki sikap jujur seperti sikap kedua petugas KRL yang mengembalikan uang temuan sebesar Rp500 juta. Hal tersebut disampaikan Erick dalam acara "Apresiasi Petugas KRL" di Jakarta. 

"Sebuah akhlak yang dicontohkan teman-teman yang bertugas di barisan paling depan dan berhubungan dengan konsumen itu harus menginspirasikan kita semua yang bekerja sebagai pengambil kebijakan di level atas atau manajerial," kata Erick Thohir. 

Dua pekerja paruh waktu PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yaitu petugas jaga KRL Egi Sandi Saputra (24) dan Petugas Kebersihan kereta Mujenih (34) melihat kantong plastik hitam yang berisikan uang tunai senilai Rp 500 juta di bawah bangku prioritas salah satu kereta komuter jurusan Jakarta-Bogor, Senin (6/7). 

Setelah membuka kantong tersebut, mereka berinisiatif untuk menyerahkan kantong hitam tersebut kepada petugas layanan pelanggan yang bertugas untuk mengembalikan kepada penumpang.

Walaupun hal tersebut dilakukan tanpa berharap apa pun, namun menurut Erick, kejujuran Egi dan Mujenih sepantasnya harus diapresiasi. Keduanya sudah melakukan pekerjaan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) PT KAI dan PT KCL. 

"Penghargaan yang diberikan kepada Saudara Egi dan Mujenih sebagai apresiasi kami, sekaligus penghormatan atas kejujuran dan amanah yang mereka dilakukan saat bekerja," jelas Menteri BUMN. 

Dirut PT KCI, Wiwik Widayanti, menjelaskan bahwa barang-barang penumpang yang tertinggal di dalam gerbong kereta akan dicatat oleh petugas di dalam sistem lost and found PT KCI.

"Jika barang itu tidak diambil oleh pemiliknya hingga lebih dari dua bulan, tetapi masih layak pakai, seperti pakaian, perkakas atau tempat makan, maka akan disumbangkan ke panti asuhan dan yayasan yang membutuhkan," jelas Wiwik.

Dilansir dari laman Antara, ada lima perusahaan BUMN memberikan apresiasi kepada kedua pekerja paruh waktu itu. Mereka mendapatkan hadiah sebesar RP500 juta. Itu setara dengan uang yang mereka temukan dan dikembalikan.

Sumber: https://merahputih.com/post/read/erick-thohir-minta-bos-bos-bumn-belajar-akhlak-jujur-dari-pekerja-kontrak-krl

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.