KabarBijak

Dukung Pendidikan Inklusif, Universitas di Papua Bentuk Unit Layanan Disabilitas

Universitas di Papua membentuk Unit Layanan Disabilitas untuk menunjang Pendidikan Inklusif.

176  views

KamiBijak.com, Infosiana - Komisi Nasional Disabilitas (KND) menandatangani nota kesepakatan yang juga disebut dengan MoU dengan Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena untuk kerja sama pembentukan Unit Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Pendidikan. Rektor Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena Rudihartono Ismail menyambut baik perihal kerja sama tersebut. Pasalnya, keputusan ini bisa dijadikan contoh.

"Dengan launching ULD ini semoga dapat dijadikan dasar pembentukan ULD untuk universitas-universitas lain di Papua Pegunungan," ujarnya.

Ia menegaskan, dengan kepedulian dan perhatian seluruh elemen masyarakat secara khusus di lingkungan pendidikan, maka tidak ada lagi ruang untuk perundungan. Setiap pelajar akan semakin menyadari perlunya menghormati dan menghargai nilai-nilai kemanusiaan, terutama di dalam kampus.

"Harapan Una’Im Yapis dapat melakukan suatu forum diskusi antar universitas. Dengan begitu, masukan-masukan dari Una’IM Yapis dan universitas yang lain dapat menjadi bekal analisa bagi komisioner," kata dia.

Komisioner Komnas Disabilitas, Kikin Tarigan mengatakan, ULD tersebut merupakan  perwujudan dari Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2023 Tentang Akomodasi Yang Layak, untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas pada satuan pendidikan Anak Usia Dini Formal, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi.

Fungsi ULD adalah meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, mengkoordinasi setiap unit kerja yang ada di perguruan tinggi dalam pemenuhan akomodasi yang layak. Sedangkan, tugas ULD itu melakukan analisis kebutuhan, memberikan rekomendasi, melaksanakan pelatihan dan bimbingan teknis, pendampingan, pengawasan evaluasi dan laporan. 

Menurutnya, Kemendikbudristek telah memberikan bantuan pembentukan ULD kepada sekitar 50 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan di Papua hanya ada tiga kampus yakni Kampus Yapis Wamena, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong dan Universitas Victory Sorong. (Restu) 

Sumber: Liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:

Website: http://bit.ly/KamiBijakcom

Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram

Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook  

TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok

Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.