KabarBijak

Down Syndrome, Tak Menghalangi AnnaRose Rubright untuk Menjadi Sarjana

AnnaRose Rubright, penyandang Down Syndrome pertama yang lulus menjadi sarjana.

630   views

Kamibijak.com, Infosiana – AnnaRose Rubright, 25 tahun merupakan salah satu perempuan inspiratif bagi teman Disabilitas intelektual. Karena menjadi penyandang disabilitas down syndrome pertama yang lulus sebagai sarjana di bidang radio, televisi, dan film dalam waktu empat tahun dari Universitas Rowan di Glassboro, New Jersey, Amerika pada 8 Mei 2020.

“Selama bersekolah, dia tidak menghabiskan waktu untuk bersenang senang. Hampir setiap hari dia menghabiskan waktu di meja belajar mengerjakan semua tugas," kata Lin Rubright, ibu AnnaRose Rubright, dikutip dari situs Forbes, Rabu (21/4).

Ia membuktikan menjadi disabilitas intelektual tidak menghalangi seseorang dalam memperoleh haknya atas pendidikan. Perjalanan pendidikan tinggi begitu panjang dan kerap mengalami kesulitan. Sebelumnya ia berjuang sejak lulusnya dari sekolah menengah atas Shawnee, 2014. 

Setelah memperoleh gelar associate dari Rowan College di Burlington County, sebuah community college yang bermitra dengan Rowan University pada tahun 2017, kemudian ia dipindahkan ke Universitas Rowan untuk menempuh pendidikan strata satu.

Meskipun menerima ijazah dan menjalani proses acara wisuda secara daring di masa pandemi Covid-19, tak menghalangi dia untuk merasa emosional.

"Proses ini sangat emosional bagi saya dan sedikit berlebihan. Sebagian besar anggota keluarga saya menangis," kata AnnaRose Rubright.

AnnaRose Rubright merupakan salah satu mahasiswa dari 2.400 mahasiswa teman-teman Disabilitas lainnya di Universitas Rowan selama beberapa tahun akademik terakhir. 

“Pelajar seperti AnnaRose memiliki standar penilaian yang sama seperti siswa pada umumnya. Tidak ada kursus untuk AnnaRose atau siswa penyandang disabilitas lainnya yang dipermudah. Standar penilaian tidak lebih rendah," kata Woodruff, Direktur Pusat Keberhasilan Akademik dan Sumber Daya Disabilitas di Universitas Rowan.

Selama masa perkuliahan, Rubright memanfaatkan kesempatan untuk mengadvokasi isu Disabilitas. Lalu ia dilantik ke Delta Alpha Pi yang merupakan sebuah perkumpulan kehormatan nasional untuk siswa penyandang Disabilitas. Berkesempatan untuk berpidato di panel Perserikatan Bangsa-Bangsa, melobi legislator di Washington D.C. dan mengkampanyekan hak-hak Disabilitas.

Tidak hanya itu, Rubright juga membuat banyak video untuk National Down Syndrome Society. Dan pada tahun 2016, dia ikut menjadi bagian dari kampanye bersama aktris Olivia Wilde, yang merupakan duta sekaligus juru kampanye hari Down Syndrome Sedunia. (FEB/MG)

Sumber: https://difabel.tempo.co/read/1455092/annarose-rubright-penyandang-down-sindrom-pertama-yang-menjadi-sarjana/full&view=ok
#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): Anna Rose Rubright,Anna Rose Rubright disable,Anna Rose Rubright disability,Anna Rose Rubright down syndrome,disabilitas inspiratif,disabilitas berprestasi,media ramah disabilitas,kamibijak,kami bijak