BijakFun

Dinas Pendidikan Banyuwangi Gelar Pelatihan Barbershop Bagi Kaum Disabilitas

Disabilitas di Banyuwangi diajak berwirausaha Barbershop.

108  views

Kamibijak.com, Hiburan – Agar meningkatnya kemandirian ekonomi dan mencetak wirausaha baru, terus dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi. Saat ini, Dinas Pendidikan Banyuwangi mengadakan pelatihan keterampilan barbershop (salon untuk pria) bagi kaum disabilitas dan warga belajar (pendidikan kejar paket) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBBM).

Ipuk Fiestiandani, selaku Bupati Banyuwangi, mengatakan hal ini merupakan upaya untuk bisa mandiri secara ekonomi. Ternyata, tidak hanya barbershop saja, sebelumnya sudah ada banyak pelatihan yang dilakukan, salah satunya adalah menjahit. 

Ia berharap kegiatan pelatihan ini bisa menjadi bekal sendiri untuk mereka membuka usaha, sekaligus untuk memulihkan perekonomian setelah adanya wabah Covid-19. 

"Ke depan kami akan terus mengintensifkan pelatihan keterampilan kerja semacam ini untuk mencetak wirausahawan baru di Banyuwangi. Ini semata-mata mendukung pemulihan ekonomi warga pasca-pandemi," ujar Ipuk.

Pada kegiatan tersebut diikuti oleh 75 peserta warga belajar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), masyarakat umum, dan kaum disabilitas. Semuanya begitu antusias dalam kegiatan yang digelar pada 13-14 Juni 2022 itu. 

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Suratno mengatakan pihaknya sengaja memilih pelatihan barbershop ini karena selain mudah dilakukan juga memberikan peluang yang menjanjikan. Hal ini tentunya terlihat dari tren potong rambur di barbershop yang terus meningkat. 

Selama dua hari tersebut, peserta tentunya diberikan ilmu dan lika-liku menjalankan usaha barbershop, kemudian diberi kesempatan juga untuk praktik secara langsung yang didampingi oleh narasumber berpengalaman, dan tentunya diberikan perlengkapannya. Setelah acara tersebut juga, mereka tetap diberi bimbingan secara online

Hakim, peserta Tuli mengaku senang dengan acaranya pelatihan ini. Karena ilmunya bisa menjadi modal bagi dirinya untuk membuka usaha potong rambut sendiri. 

"Saya senang ada pelatihan barbershop. Ilmunya bisa jadi modal kami memulai usaha cukur rambut," ujar Hakim dengan menggunakan bahasa isyarat. (MG/Alissa)

Sumber : detik.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.