KabarBijak

Bupati Kediri Dorong Terwujudnya Wisata Inklusi Ramah Disabilitas

Bupati Hanindhito Himawan Pramana mendorong terwujudnya wisata inklusi di Kediri dengan menyediakan sarana yang ramah bagi disabilitas

439  views

KamiBijak.com, Infosiana – Bupati yang biasa dikenal Mas Dhito ini menyebut dorongan ini sebagai wujud perhatian Pemerintah Daerah dalam memberikan hak yang sama bagi warganya untuk menikmati pariwisata di Bumi Panjalu.

Bupati Kediri Dorong Wisata Inklusi yang Ramah Disabilitas - Bisnis Tempo.co

"Tempat wisata di Kediri ini harus ramah disabilitas, contoh kecilnya fasilitas toilet atau WC itu pasti masih banyak yang belum ramah disabilitas, termasuk juga akses jalan," ucapnya waktu Minggu 11 September 2022. 

Mas Dhito meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) dapat menyediakan sarana prasarana ramah disabilitas di kawasan objek wisata, untuk mewujudkan pariwisata inklusif itu.

Sebagai langkah awal, Mas Dhito meminta dimulai dari satu objek wisata. Ketika nantinya satu objek itu berhasil dibuat ramah disabilitas, baru kemudian bergeser ke objek wisata lain. 

"Kita bisa mulai dari Gunung Kelud, apa yang dibutuhkan teman-teman disabilitas. Harapan saya Gunung Kelud nanti merupakan destinasi wisata yang ramah terhadap disabilitas," tambahnya. 

Pencanangan tempat wisata ramah terhadap disabilitas itu, dilakukan Mas Dhito menindaklanjuti harapan yang disampaikan disabilitas di Kabupaten Kediri terhadap pembangunan wisata inklusi.

Umi Salamah Ketua Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri (PDKK) menyebutkan, sejumlah kegiatan dilakukan PDKK termasuk melakukan diskusi bersama disabilitas dengan mengundang narasumber dari instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri. 

Dorong Wisata Inklusif, Bupati Kediri: Gunung Kelud Harus Ramah Disabilitas

Dihadapan Mas Dhito, Umi membeberkan, salah satu diskusi pernah dilakukan di lereng Gunung Kelud dan membahas terkait wisata inklusi. 

"Di lereng Gunung Kelud itu banyak teman-teman disabilitas dan kami berharap bagaimana wisata di Kabupaten Kediri ini inklusi kepada disabilitas dalam pembangunannya," kata dia. (MG/Dicky)

Sumber: bisnis.tempo.co

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.