KabarBijak

Bupati Kediri Alokasikan BLT BBM untuk 300 Warga Disabilitas

Langkah ini digunakan untuk pemerataan bantuan sosial (bansos) bagi warga yang terdampak kenaikan tarif bahan bakar minyak (BBM)

124  views

KamiBijak.com, Infosiana – Hanindhito Himawan Pramana Bupati Kediri mengalokasikan bantuan langsung tunai (BLT) yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kediri. 

Bupati Kediri Mas Dhito Alokasikan Dana BLT BBM untuk 300 Penyandang  Disabilitas - Surya.co.id

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, kata mas Dhito, menganjurkan 300 orang disabilitas kepada Dinas Sosial (Dinsos) untuk mendapatkan pencairan BLT BBM. 

"Mengingat kenaikan (harga) BBM yang cukup signifikan dan pasti ini akan berdampak pada elemen masyarakat, termasuk kelompok disabilitas, kami memberikan BLT BBM kepada 300 penerima manfaat," ucap Mas Dhito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/9/2022). 

Mas Dhito menyebutkan, jika memberikan subsidi kenaikan harga BBM, Pemkab Kediri mengalokasikan anggaran dari APBD murni sebesar Rp 17 miliar serta dana untuk cadangan sebesar Rp 17 miliar.

"Lebih kurang kami mengalokasikan dana sebesar Rp 34 miliar dari APBD untuk subsidi. Selain itu, ada pula dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 73 miliar," ungkapnya. 

Dengan besaran dana itu, pihaknya mengaku mendapat aduan masyarakat terkait bansos yang dinilai masih tidak tepat sasaran. 

Bupati Kediri Salurkan BLT BBM kepada 300 Penyandang Disabilitas

Ia pun tak menampik bahwa kemungkinan itu tetap ada dalam proses penyaluran bansos. Meski begitu, pihaknya menegaskan dalam penyaluran BLT BBM tidak boleh ada penyelewengan atau pun pemotongan dalam tahap penyaluran. 

"Sejumlah 300 orang yang nantinya akan kami alokasikan khusus teman-teman disabilitas itu per bulan mendapat Rp 150.000 selama enam bulan ke depan. Kalau itu ada potongan, tolong laporkan kepada kami," tegasnya. 

Mas Dhito menambahkan, masyarakat yang berhak menerima bansos merupakan kelompok masyarakat yang masuk kategori kemiskinan ekstrem dan tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

“Kami berharap, masyarakat yang menerima BLT BBM benar-benar mereka yang membutuhkan dan merasakan manfaat adanya bansos itu,” ujarnya.  (MG/Dicky)

Sumber: biz.kompas.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.