BijakFlash

Brunei Darussalam Tekan COVID-19 dengan 4 Jurus

Brunei menjadi salah satu negara tercepat yang berhasil mengembalikan ekonomi dan kesehatan negaranya menjadi normal kembali

569   views

KamiBijak.com, Flash – COVID-19 masih menjadi hal yang menakutkan di negara kita Indonesia. Jumlah-jumlah yang makin menaik tidak lagi bisa dipungkiri. Pemerintah dan masyarakat sama-sama pusing untuk menentukan jalan terbaik. 

Akan tetapi Brunei Darussalam memiliki empat jurus untuk menekan laju COVID-19, negara ini berhasil mencetak rekor dengan menahan nol kasus COVID-19 saat negara lain di dunia tengah berjibaku menangani COVID-19.

Inilah empat jurus yang dilakukan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dalam menekan kasus COVID-19 :

1. Suntikan Dana
Mengutip East Asia Forum, Sabtu (17/7/2021) peneliti Nadia Azierah Hamdan dan William Case dari University of Nottingham Malaysia yang menganalisis strategi Sultan Brunei mengungkap strategi terkuat Brunei yakni alokasi anggaran sebesar BND 15 juta atau US$ 10, 5 juta setara RP 151 miliar (kurs RP 14.470)

2. Peningkatan Pelayanan Publik
Peningkatan publik jelas sangat diusahakan oleh Brunei. Brunei juga mempertahankan pendapatan melalui industri minyak dan gas, dengan begitu Brunei tidak terlalu keropos dibandingkan negara ASEAN lainnya.

3.  Melarang WNA Masuk
Saat akhir Januari 2020 Brunei Darussalam mengambil tindakan berani dengan melarang warga negara asing masuk, walaupun saat itu China sempat murka atas keputusan itu.

4.  Pembatasan hingga Pembelakuan Denda

Saat kasus COVID-19 Brunei tinggi, Kementerian Kesehatan Brunei bergegas dan tegas mengadopsi peraturan jarak sosial dan isolasi diri, serta pelacakan kontak melalui aplikasi Bruhealth Kesultanan yang diikuti oleh sekitar 90% warga.

Semua tempat ditutup, tidak luput tempat-tempat ibadah. Dan untuk menghindari ketidakpatuhan warganya, pemerintah Brunei memberlakukan prosedur denda dan hukuman penjara jika ada yang melanggar aturan pemerintah.

Hingga pada awal Mei 2020, tidak ada infeksi baru yang tercatat di Brunei. Sejak saat itu juga Brunei Darusalam menjadi negara yang mulai membuka kembali ekonominya, jauh lebih awal daripada banyak negara yang menderita COVID-19. (Joang/MG)

sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5647416/4-jurus-brunei-darussalam-tekan-covid-19-sampai-0-kasus/amp?utm_content=detikfinance&utm_term=echobox&utm_campaign=detikcomsocmed&utm_medium=oa&utm_source=Twitter&__twitter_impression=true

#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

===================================
Tag: brunei darussalam,covi-19,covid-19 brunei darussalam,covid-19 di brunei darussalam,cara brunei darussalam atasi covid-19,pandemi covid-19,disabilitas,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com