BijakFun

Bayu Mas Ari Sadewa, Penyumbang Emas Pertama Bagi Jawa Barat di Peparnas XVI Papua

Bayu Mas Ari Sadewa, atlet cabor lari yang menyumbangkan emas bagi Jawa Barat.

713   views

KamiBijak.com, Hiburan - Bayu Mas Ari Sadewa, atlet cabang olahraga lari yang berhasil membawa pulang medali emas di nomor 1.500 meter. Atlet asal kota Bandung ini berhasil mempersembahkan emas pertama untuk Jawa Barat pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021.

Keberhasilan Bayu Mas Ari Sadewa dalam perjuangannya di perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 patut diacungi jempol, selain berhasil membawa pulang emas pada nomor 1.5000 meter, ia juga mampu memboyong emas pada estafet 400 meter X 4. 

Berawal dari hobi bermain futsal namun di tahun 2014, Bayu harus berhenti bermain futsal, karena kebiasaannya lari itulah yang membuatnya mencoba untuk menjadi atlet pelari menengah jauh di Peparda se-Jawa Barat. 

Walaupun ia mengalami hambatan, tetapi itu bukan menjadi alasan untuk berhenti. Dengan bantuan pelatih ia mampu mengikuti pertandingan dengan lancar. Saat bertanding pun ia merasa senang karena dibantu juga oleh panitia dengan menggunakan bahasa isyarat. 

“Tadi tanding Peparnas ga ada hambatan juga aman. Alhamdulillah aman, aku juga dibantu pelatih pas ada pemanggilan nomor tanding kemudian masuk lapangan, ada akses oleh panitia cara dikit pake isyarat dan untuk start seperti 1,2,3 biasa pistol saya ga bisa telinga mulai start, ada akses pake bendera mulai start gitu,” tuturnya. 

Walaupun ia sempat mengalami cedera ITBS (iliotibial band syndrome), ia tetap berjuang selama persiapan pertandingan. Dengan sabar ia melakukan pengobatan dan dengan semangat untuk terus berjuang. Ia mampu melewati masa cedera tersebut. 

Terakhir, ia berpesan agar untuk seluruh penyandang disabilitas agar terus semangat jangan putus asa. Giat berlatih karena proses tidak akan mengkhianati hasil dan yang penting fokus salah satu tujuan adalah mental yakin bisa.(GLOR/MG)

Sumber: Wawancara KamiBijak 

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara 

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.