KabarBijak

Bantuan untuk Penyandang Disabilitas di Aceh Singkil Terkendala Anggaran

Penyaluran bantuan terkendala karena minimnya anggaran.

183  views

KamiBijak.com, Infosiana – Kepala Dinas Sosial Aceh Singkil, Iskandar mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan untuk penyandang disabilitas terkendala minimnya anggaran, karena jumlah warga berkebutuhan khusus tersebut ratusan orang. “Hal ini diketahui ketika pemberian bantuan berupa uang tunai, sebagai kebutuhan jatah hidup sebanyak 20 orang Disabilitas,” ungkap Iskandar, Selasa (19/4/2022). 

“Apabila masuk dalam pembahasan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK), sehingga ke depan para penyandang disabilitas yang mempunyai usaha atau keahlian bisa diberdayakan, yakni dengan cara memberikan bantuan alat kerja atau modal usaha,” ujarnya.

Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 dalam tugas fungsi pokok, pemerintah bertanggung jawab dalam melindungi dan memenuhi hak penyandang disabilitas. Sehingga untuk memenuhi hak-hak mereka sudah menjadi kewajiban Pemerintah untuk memberdayakan para penyandang disabilitas tersebut.

Iskandar menjelaskan bahwa dari jumlah 400 penyandang Disabilitas tersebut, 20 orang di antaranya tidak bisa diberdayakan, lantaran kondisinya yang memang sama kali tidak mampu berusaha. Terkait kendala angggaran, menurut Iskandar sudah disampaikan pihaknya ke Bappeda dan Perusahaan yang ada di Aceh Singkil. Dan mereka berkomitmen untuk memberikan pemberdayaan dan asisstensi dalam bentuk modal usaha. 

Iskandar juga mengungkapkan bahwa saat ini Dinsos Aceh Singkil menghadapi persoalan lain yaitu mulai banyaknya gelandangan pengemis di Aceh Singkil, sehingga pihaknya memerlukan kendaraan operasional ambulan untuk Dinsos. (Sonia/MG)

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, comment and share. 
Saluran KamiBijakID: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Ikuti juga kami di sini: 
Situs web: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TIK tok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.