BijakFun

Bahaya Zoom Fatigue untuk Kesehatan Mental

Mengenal Zoom Fatigue dan bahayanya untuk kesehatan mental.

227   views

Kamibijak.com, Hiburan - Di massa pandemi Covid-19 ini, semua orang dipaksa untuk bisa beradaptasi dengan situasi atau keadaan apapun. Seperti halnya ketika kelas online, seminar, dan sebagainya yang dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting.

‘Zoom Fatigue’, istilah baru yang mengacu pada kelelahan karena melakukan konferensi video lewat Zoom setiap hari.

Psikiater Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, dr Gina Anindyajati, mengatakan bawa Zoom Fatigue bisa terjadi karena adanya kelelahan fisik akibat menghadap layar yang berlangsung lama. Belum lagi dengan habisnya energi mental yang selalu fokus pada pertemuan online.

Beberapa faktor yang membuat seseorang merasakan Zoom Fatigue, diantaranya dari mulai durasi waktu yang terlalu lama, jarak menghadap layar komputer, tidak ada jeda antara bekerja dan istirahat.

"Ketika kita menatap layar untuk durasi yang lama, mata akan merasa lelah, sehingga rekomendasi dari dokter adalah memandang jauh (6 meter) setiap 20 menit," kata Dokter Gina. 

Tidak semua orang yang bekerja dari rumah punya fasilitas untuk mengalihkan pandangan, akibatnya mata dipaksa untuk melihat lama ke layar tanpa bisa refresh. Zoom Fatigue juga bisa disebabkan oleh pertemuan yang dikerjakan berurutan tanpa jeda, bahkan untuk sekadar ke toilet maupun bergerak.

Dokter Gina mengatakan, bahwa jeda sejenak penting untuk mengembalikan rasa segar, sementara dalam pertemuan online, benar-benar langsung pindah ruangan setelah satu pertemuan selesai.

Lalu, karena terlalu fokus membuat menjadi kita cepat lelah. Kemudian kendala sinyal, membuat kita untuk bolak-balik melakukan pengecekan.

Pertemuan online membuat seseorang untuk mengikuti pertemuan multipel dan tak mengenal jam kerja. Hal itu secara langsung menambah beban pekerjaan dan membuat lelah setiap manusia.

Seperti yang dilansir dari laman Healthline, selain stres terkait pekerjaan, pandemi pun menyebabkan kesehatan mental hampir semua orang menurun.

"Pekerjaan dan kesehatan mental saling berkaitan, karena orang yang mentalnya sehat akan bisa mengerjakan pekerjaannya dengan optimal, produktif, serta berkontribusi untuk lingkungannya," ungkap Dokter Gina.

Pekerjaan yang melebihi kapasitas seseorang bisa mengancam kesehatan jiwa, dan juga berisiko menimbulkan masalah gangguan jiwa. Akan tetapi, pekerjaan pun dapat menjadi faktor protektif yang bisa meningkatkan kesejahteraan mental seseorang yang menikmatinya. (FEB/MG) 

Sumber: https://merahputih.com/post/read/mengenal-zoom-fatigue-dan-bahayanya-bagi-kesehatan-mental
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): zoom fatigue,kelelahan zoom,gejala zoom fatigue,apa itu zoom fatigue,bahaya zoom fatigue,bahaya zoom fatigue untuk mental,disabilitas,media ramah disabilitas,tips kesehatan,kamibijak,kami bijak