BijakFun

Akibat Pandemi Penyandang Disabilitas Ini Harus Beralih Pekerjaan

Pandemi memang merugikan segala pihak, tidak tekercuali penyandang Disabilitas ini, dirinya harus rela beralih pekerjaan demi tetap menjaga pemasukan.

160   views

KamiBijak.com, Hiburan – Rohadi (40), warga Lemahireng, Bergas, Kabupaten Semarang bergegas masuk ke halaman kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang.

Dengan menggunakan kursi roda, penyandang Disabilitas tersebut menjadi salah satu penerima bantuan sembako sebagai warga terdampak Covid-19.
Rohadi sudah mengalami keterbatasan fisik sejak berusia dua tahun, saat itu dia menderita polio dan tidak dapat perawatan yang baik. Walau begitu ia tetap bersyukur dan menerima kehendak Tuhan yang diberikan kepadanya.

Rohadi mengaku dirinya tidak lagi berpenghasil dari menjual springbed, dikarenakan masa pandemi ini membuat dagangannya itu susah laku.
Dengan kondisi seperti itu, sekarang Rohadi berali membuat truk mainan.

“Dulu springbed sebulan bisa laku satu, harganya Rp 3,5 juta. Kalau truk oleng mainan itu harganya dari Rp 50.000 hingga Rp 160.000 tergantung ukuran dan kelengkapan,” kata Rohadi.

Penghasilan Rohadi memang jadi menurun akibat beralih pekerjaan, namun dirinya tidak keberatan asalkan itu masih berupa pemasukan, dibandingkan tidak sama-sekali.

Rohadi menjelaskan pemasarannya truk buatannya yang diberi merk Kasmaran Oleng ini sudah lumayan. Pembeli sudah sampai Sukoharjo.

“Tapi ini kita sedang menyiapkan cara pengiriman agar truk tidak rusak sampai di lokasi, karena kita ada yang dilengkapi sound system juga,” ungkapnya.

Bahan sekaligus menjadi keunggulan dari truk buatannya adalah bahan yang digunakan dari pembuatan mebel. Rohadi memang siap akan persaingan antar kualitas, karena dirinya menggunakan barang sisa bukan barang bekas, sehingga nantinya akan lebih awet dan garapannya rapi.

Rohadi mengungkapkan pembuatan truk oleng tidak membutuhkan waktu lama.

“Kalau ada contohnya dan modelnya, termasuk aksesorisnya, maka lebih cepat karena tinggal mengembangkan sesuai permintaan pemesan.” ujarnya.

Akhir kata Rohadi berharap semoga peraturan inmendagri mendatang ada kelonggaran agar perekonomian masyarakat kembali bangkit. (Joang/MG)

Sumber : https://regional.kompas.com/read/2021/08/15/141313478/kisah-rohadi-difabel-pembuat-springbed-terdampak-pandemi-dan-beralih-rakit?page=all#page2

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom  
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram  
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

=======================================================================
Tag: disabilitas,pandemi,pandemi covid 19,kisah disabilitas,covid 19,kabupaten semarang,semarang,dampak covid 19,dampak covid 19 bagi disabilitas,kisah inspiratif,kisah inspiratif disabilitas,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com