BijakFlash

6 Tips Beradaptasi Kerja Bagi Disabilitas

6 tips bagi disabilitas untuk beradaptasi di dunia kerja.

1,137  views

Kamibijak.com, Flash – Banyak langkah yang diambil oleh teman disabilitas agar berhasil diterima dalam lamaran pekerjaan. Setelah melewati perjuangan tersebut dan membayangkan seluruh proses dari awal hingga akhir, harapannya adalah tempat kerja yang baru bersedia menempatkan pekerja dengan mempertimbangkan kriteria tertentu.

Meskipun perasaan lega muncul setelah lamaran pekerjaan diterima, namun ketika memasuki tempat kerja baru pada hari pertama, mungkin timbul rasa keterkejutan budaya, yang dikenal sebagai culture shock. Di lingkungan kerja yang baru, menyesuaikan diri mungkin sulit, terutama dalam hal hubungan sosial dengan rekan kerja.

Bagaimana cara menghadapinya? Sebagai individu, ada beberapa langkah adaptasi yang bisa  diambil di tempat kerja baru. Berikut adalah beberapa tips tentang cara individu beradaptasi di tempat kerja:

Siapkan Mental:

Persiapkan mental sebelum memasuki lingkungan kerja baru. Mental yang kuat akan membantu menghadapi situasi tak terduga dan menerima kritikan dari rekan kerja atau atasan.

Kenali Diri Sendiri:

Kenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri sebelum memasuki lingkungan tempat kerja baru. Mengetahui potensi diri secara batin dan fisik membantu individu beradaptasi di tempat kerja.

Bersosialisasi:

Asah keterampilan berkomunikasi untuk berinteraksi dengan rekan-rekan kerja. Bersosialisasi di tempat kerja baru membantu rekan kerja memahami cara berkomunikasi individu.

Jangan Malu Bertanya:

Bertanya kepada rekan kerja yang lebih berpengalaman membantu mengatasi kekurangan informasi di tempat kerja baru. Bertanya adalah langkah penting untuk adaptasi di tempat kerja baru.

Pelajari Rekan Kerja:

Belajar dari rekan kerja senior atau yang telah lama bekerja membantu individu memahami sistem kerja di lingkungan tempat kerja baru. Adaptasi dengan mengamati dan memodifikasi cara bekerja sesuai jenis.

Tetap Berpikir Positif:

Berpikir positif membantu mengatasi situasi sulit dan tantangan di lingkungan tempat kerja baru. Bersyukur, bersikap optimis, dan fokus pada sisi positif membantu individu merasa baik dan bahagia bekerja di tempat kerja.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, individu dapat lebih mudah beradaptasi dan bertahan di lingkungan tempat kerja baru, terutama jika tempat kerja bersedia memberikan dukungan dengan menyediakan fasilitas dan akomodasi yang diperlukan. Mari asah keterampilan adaptasi dan terapkan di tempat kerja baru!(Rafly/MG)

Sumber: klob.id

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
 
Follow kami juga di sini: 
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.