KabarBijak

4 WNI Positif Terinfeksi Virus Corona

Sebanyak empat Warga Negara Indonesia (WNI) dilaporkan positif terinfeksi virus corona covid-19. Tiga diantaranya berada di Kapal Pesiar Diamond Pri..

656   views

KamiBijak.com, Infosiana. Sebanyak empat Warga Negara Indonesia (WNI) dilaporkan positif terinfeksi virus corona covid-19. Tiga diantaranya berada di Kapal Pesiar Diamond Princess di Kota Chiba, Jepang, satu lainnya adalah pekerja migran berusia 44 tahun di Singapura.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menjelaskan tiga orang WNI di Jepang termasuk ke dalam 446 penumpang Kapal Diamond Princess yang terinfeksi virus corona. Ketiganya bekerja sebagai kru Kapal Diamond Princess.

Kapal pesiar tersebut membawa 3.711 penumpang yang berasal dari 56 negara. Secara keseluruhan, ada 78 WNI di kapal itu.

Retno mengatakan petugas KBRI di Jepang sudah berada di Chiba untuk memastikan para WNI mendapat penanganan medis yang baik dari otoritas setempat. Kemenlu juga juga terus berkomunikasi dengan WNI yang menjadi kru dan berada di Kapal Diamond Princess.

Sementara itu, satu orang WNI lain yang terinfeksi virus corona masih ditangani tim medis di ruang isolasi Singapore General Hospital. Otoritas setempat hanya dapat menginformasikan status kewarganegaraan pekerja migran itu tanpa menyampaikan data pribadi untuk dipublikasikan. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan Personal Data Protection Act.

"Kasus Corona Virus ke-21 di Singapura adalah WNI berusia 44 tahun yang bekerja sebagai pekerja migran. WNI tersebut tidak memiliki riwayat bepergian ke RRT dan merupakan pekerja rumah tangga dari warga Singapura yang juga sebelumnya dinyatakan positif virus corona," jelas pihak KBRI Singapura dalam keterangan tertulisnya, Kamis 6 Februari 2020.

"WNI tersebut saat ini ditangani Tim Medis di ruang isolasi Singapore General Hospital. Berdasarkan informasi dari rumah sakit, KBRI Singapura memastikan bahwa WNI tersebut dalam keadaan stabil," tulis pernyataan tersebut.

Perihal WNI yang positif terinfeksi virus Corona, pihak KBRI menyampaikan imbauan kepada WNI lain yang sedang bekerja di luar negeri untuk tetap beraktivitas seperti biasa dengan menjaga kesehatan dan waspada.

Wabah virus Corona menjadi momok menakutkan bagi masyarakat dunia. Wabah menyebar dan berkembang hingga muncul jenis baru yaitu COVID-19.

Berdasarkan data yang diambil dari gisanddata.maps.arcgis.com, total korban meninggal akibat terinfeksi virus corona mencapai 1.873 dan pasien sembuh 12.887. Total kasusnya mancapai 73.335 di sekitar 29 negara.

Sumber: https://www.liputan6.com/global/read/...

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
nstagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.