BijakFlash

4 Tips dan Trik UMKM Inklusi yang Perlu Kamu Ketahui

Penjelasan umkm inklusi serta tips dan trik.

609  views

Kamibijak.com, Flash – UMKM Inklusi masih asing untuk masyarakat umum. Berasal dari 2 kata gabungan yaitu UMKM dan Inklusi, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) biasanya disebut dengan bisnis/usaha rumahan. Inklusi artinya merangkul keberagaman, termasuk Disabilitas yang menjadi bagian dari keberagaman.

UMKM Inklusi adalah UMKM yang dimiliki oleh seseorang yang merangkul keberagaman dengan memberdayakan Disabilitas. Berikut 4 tips dan trik untuk UMKM Inklusi :

1. Menyadari Disabilitas

Ketika ingin membangun UMKM Inklusi adalah dengan mencari tahu dan harus menyadari tentang Disabilitas. Sebelum membangun UMKM Inklusi yang memberdayakan teman Disabilitas, Teman Inklusi harus mengetahui pentingnya kesadaran tentang Disabilitas, ragam Disabilitas, serta belajar berinteraksi dengan Disabilitas. Karena setiap Disabilitas memiliki keahlian yang berbeda-beda, pendidikan yang berbeda-beda, dan motivasi yang berbeda-beda.

2. Pelatihan Khusus Disabilitas

Pelatihan khusus Disabilitas merupakan cara untuk menguji kemampuan teman-teman Disabilitas dalam mengembangkan diri agar mampu menciptakan kualitas yang tinggi untuk teman-teman. Bila telah mengadakan pelatihan khusus Disabilitas, pastikan fasilitasnya sudah mendukung agar tidak ada kendala dari teman-teman Disabilitas selama mengikuti program pelatihan.

3. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Berikan kesempatan dan kepercayaan kepada Disabilitas untuk Berkembang dan tentunya, lingkungan kerja yang positif adalah lingkungan usaha yang memberikan kenyamanan bersama dan membawa dampak yang positif bagi UMKM Inklusi, sehingga tidak ada diskriminasi atau stigma yang terjadi pada pelaku UMKM Inklusi, tenaga kerja Disabilitas, dan tenaga kerja non disabilitas.

4. Maksimalkan potensi Disabilitas

Disabilitas memiliki keberagaman dan potensi, berusahalah untuk menemukan potensi untuk dimaksimalkan, hal ini karena faktor pendidikan dan lingkungan sekitar yang menentukan potensi yang dikembangkan oleh Disabilitas.(Rafly/MG)

Sumber: klobility.id 

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
 
Follow kami juga di sini: 
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.