BijakFun

Tunanetra Pertama Asia Berhasil Taklukkan Gunung Everest

Tunanetra pertama di Asia yang berhasil menaklukkan gunung everest, gunung tertinggi dunia itu

860   views

KamiBijak, Hiburan – Terispirasi sosok disabilitas Netra, Erik Weinhanmayer, yang 20 tahun lalu berhasil mencapai puncak Gunung Everest. Zhang Hong, 46 tahun, warga negara Tionkok, menjadi tunanetra pertama Asia yang berhasil menaklukan gunung tertinggi dunia itu.

Zhang Hong berolahraga secara intensif selama beberapa tahun sebelum mendaftarkan diri untuk ekspedisi ke Gunung Everest. Itu semua dilakukan karena Zhang Hong menyadari meda yang akan ditempuh tidak mudah. Dirinya berlatih dengan membawa beban berat setiap hari sambil menaiki 100 anak tangga di tempatnya bekerja.

Selama menuju puncak Gunung Everest, Zhang Hong selalu berkomunikasi dengan Qiangzi. Tantangan terberat mereka adalah saat harus berbicara dalam tingkat oksigen yang rendah selama 13 jam. "Saya tidak tahu di mana langkah saya selanjutnya dan saya tidak tahu kondisi esnya," kata Zhang.

Menjadi pendaki gunung tunanetra menjadi keuntungan sendiri baginya, menurut Zhang, dia tidak terlalu khawatir dengan bahaya di sekelilingnya.
Pendaki dengan disabilitas netra lebih mengkhawatirkan jarak dan waktu yang terasa tiada berujung.

“Bahkan saya tidak percaya ketika pendamping mengatakan kami sudah berada di puncak Gunung Everest,” kata Zhang. Musababnya, sepanjang perjalanan, pendamping dan pemandu hanya memberitahu Zhang tentang waktu dan durasi perjalanan. Sementara dia merasa tak kunjung sampai ke tujuan.

Berkat keberanian Zhang Hong, ekspedisinya ke Gunung Everest didokumentasikan dalam EyeSteelFilm. Ketua tim film dokumeter, Fan Lixin mengatakan, pencapaian Zhang Hong merupakan cermin keberanian luar biasa yang tidak semua orang punya.

Zhang Hong telah membuktikan menaklukkan Gunung Everest bukan hanya mengandalkan kemampuan fisik. Persiapan mental di tengah badai dan kadar oksigen renda menjadi nilai tambah bagi pendaki gunung dengan disabilitas. (Joang/MG)

sumber : https://difabel.tempo.co/read/1475560/zhang-hong-tunanetra-asia-pertama-yang-menaklukkan-gunung-everest/full&view=ok

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
========================
Tag: pendaki disabilitas,Zhang Hong,pendaki tunanetra,teman netra,tunanetra,pendaki gunung everest,pendaki disabilitas gunung everest,kisah inspiratif,pendaki difabel,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com