KabarBijak

Tongkat BriCane, Tongkat Pintar yang Diciptakan untuk Mempermudah Aktivitas Teman Netra

Tongkat BriCane sudah memiliki kecanggihan seperti sensor dan GPS diberikan oleh Yayasan Syamsi Dhuha Foundation untuk membantu aktivitas teman Netra.

932   views

Kamibijak.com, Infosiana – Syamsi Dhuha Foundation memberikan sebanyak 20 tongkat pintar BriCane kepada teman Netra di beberapa daerah di Indonesia. Tongkat pintar ini adalah sebuah inovasi Yayasan nirlaba yang ada di Bandung selama tiga tahun. 

Ketua Yayasan Syamsi Dhuha Foundation, Dian Syarief mengatakan bahwa tongkat yang diberikan kepada teman Netra merupaka hasil produksi termin yang pertama. Untuk sekarang, masuk tahun kedua untuk pesanan baru. 

Tim relawan yang mengembangkan tongkat untuk teman Netra adalah mahasiswa dari Program Studi Desain Produk serta Biomedika di ITB dan juga alumninya yang tergabung di Hardtmann Mekatroniske.

"Sekarang masuk angkatan kedua untuk pesanan baru," ungkap Dian Syarief yang dikutip dari tempo.co pada Kamis, 18 Februari 2021 lalu.

Yayasan mendapat pesanan sebanyak sepuluh tongkat BriCane dari rumah sakit dan juga klinik mata di Bandung dan Jakarta. Selain itu, Dian mengatakan bahwa pembuatan tongkat untuk teman Netra ini masih dibuat secara manual, sehingga produk yang dihasilkan masih terbatas. Harga tongkat ini dapat dikatakan lebih murah hingga 70 persen dari tongkat impor yang harganya mencapai Rp 9 juta. 

Tongkat BriCane ini adalah kepedendekan dari Brilliant Cane yang dilengkapi dengan teknologi di bagian pegangan tongkat tersebut. Di dalamnya ada sensor untuk mendeteksi halangan yang ada hingga sejauh 3 meter di depan Langkah teman Netra. Terdapat juga penanda sensor berupa bunyi dan juga tanda getar. 

Selain terdapat sensor dalam pegangannya, ternyata di tongkat BriCane juga terdapat modul global positioning system (GPS) yang dapat melacak keberadaan teman Netra yang sedang meminta pertologan ketika tersasar atau mungkin kehilangan arah. 

Terdapat juga fitur merekam dan mengirim gambar, jadi ketika teman Netratersesat, rekaman perjalanan akan secara otomatis terkirim kepada pendamping teman Netra yang datanya dapat dilihat dalam aplikasi.

"Saya pikir tongkat tunanetra yang canggih itu hanya imajinasi belaka. Ternyata Yayasan Syamsi Dhuha mewujudkannya," kata Ardinal Purbowo,salah satu penerima tongkat BriCane. (KEI/MG)
Sumber: https://difabel.tempo.co/read/1434288/20-tongkat-pintar-bricane-dibagikan-gratis-untuk-difabel-netra

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): tongkat bricane,tongkat tunanetra,tongkat pintar,teman netra,tunanetra,tongkat tunanetra bricane,yayasan syams dhuha foundation,bricane,tongkat tunanetra bricane,kamibijak,kami bijak,disabilitas,teman disabilitas