BijakFun

Tips Belajar dan Berlatih Bahasa Isyarat dari Juru Bahasa Isyarat

Beberapa tips jika ingin belajar dan berlatih bahasa isyarat, langsung dari pakarnya (Juru Bahasa Isyarat).

211   views

Kamibijak.com, Hiburan - Orang yang menerjemahkan dari bahasa non-isyarat ke bahasa isyarat dan sebaliknya adalah profesi bahasa isyarat. Dengan banyaknya acara publik maupun non-publik profesi juru bahasa isyarat tersebut semakin banyak yang membutuhkan. Beberapa instansi, seperti kepolisian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Istana Kepresidenan, dan Kementerian Sosial selalu menghadirkan juru bahasa isyarat dalam setiap kegiatan acara publik.

"Seorang juru bahasa isyarat harus berinteraksi dengan komunitas Tuli. Tujuannya, untuk meningkatkan kemampuan alih bahasa dan mengasah pemahaman dalam menerjemahkan bahasa isyarat," ujar Tamiang Jelita Tobing yang sebagai Juru Bahasa Isyarat Profesional pada Rabu, 3 Maret 2021.

Menerjemahkan bahasa isyarat bisa diperoleh melalui pendidikan formal setingkat perguruan tinggi di fakultas khusus juru bahasa isyarat. Tetapi, di Indonesia belum ada institusi formal setingkat universitas yang memiliki fakultas jurusan juru bahasa isyarat. Maka dari itu, kita bisa dapatkan ilmu bahasa isyarat melalui kelas bahasa isyarat.

"Di luar negeri, seorang juru bahasa isyarat harus menempuh pendidikan selama tiga sampai empat tahun di perguruan tinggi," kata Juniati Effendi, Direktur Pelayanan Juru Bahasa Isyarat (PLJB).

"Kalau di Indonesia, tergantung kerajinan juru bahasa isyarat. Apakah setiap hari sudah bergaul dengan insan Tuli? Bila lebih sering bergaul dengan insan Tuli, maka bisa lebih cepat belajarnya," ujar Juniati.

Menurutnya, bahasa isyarat adalah bahasa yang berkembang dan berasal dari bahasa alami atau bahasa ibu. Bahasa isyarat di setiap daerah pasti berbeda-beda. Bahkan ada istilah dalam bahasa Indonesia yang belum memiliki padanan isyaratnya. Istilah tersebut para juru bahasa isyarat menyebutnya dengan 'Bahasa Tinggi'.

Saat juru bahasa isyarat belum memiliki padanan isyarat untuk istilah yang harus dia alih bahasakan, maka para juru bahasa isyarat akan berdiskusi dengan mentor teman-teman Tuli. Caranya dengan mendengarkan (orang dengan pendengaran) memaparkan dulu definisi istilah baru yang mereka ketahui. Lalu mentor teman-teman Tuli mencoba membuat sebuah konsep bahasa isyarat yang dapat digunakan dan direalisasikan.

Sebagai juru bahasa isyarat, Tamiang menceritakan pengalaman menariknya selama lima tahun berkecimpung di profesinya tersebut. Ia dapat berkomunikasi secara langsung dengan banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat biasa, pejabat, hingga Presiden RI Joko Widodo.

"Saya menjadi juru bahasa isyarat dalam acara pemantauan aksesibilitas MRT Jakarta. Ketika ada jeda, saya sempat mengobrol langsung dengan Bapak Jokowi." ujarnya. (FEB/MG)

Sumber: https://difabel.tempo.co/read/1440100/tips-dari-juru-bahasa-isyarat-untuk-belajar-dan-berlatih-bahasa-isyarat
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): bahasa isyarat,belajar bahasa isyarat,tips belajar bahasa isyarat,tips berlatih bahasa isyarat,juru bahasa isyarat,tutorial bahasa isyarat,bahasa isyarat indonesia,belajar bahasa isyarat indonesia,bisindo,disabilitas,penyandang disabilitas,kamibijak,kami bijak