Lewati Iklan malesbanget.com

Tiga Siswa SMA Temukan Obat Penyembuh Kanker

Tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah meraih juara dunia atas temuan obat penyembuh kanker dengan bahan baku alami berupa batang pohon tunggal.

47   views

KamiBijak.com, Infosiana. Tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah meraih juara dunia atas temuan obat penyembuh kanker dengan bahan baku alami berupa batang pohon tunggal. Dalam bahasa Dayak, bahan ini disebut dengan Bajakah. Tanaman ini dapat diperoleh di hutan Kalimantan Tengah. Salah satu siswa mengabarkan bahwa keluarganya sering menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan kanker, bahkan untuk kanker ganas stadium empat sekalipun.

Di bawah bimbingan guru biologi, ketiga siswa tersebut akhirnya melakukan penelitian yang lebih serius. Mulai dari uji coba di laboratorium, uji sampel penelitian, sampai uji coba tersebut berhasil, akhirnya mereka memeriksa kadar yang terdapat dalam kayu Bajakah tersebut. Menurut hasil penelitian, kayu Bajakah memiliki kandungan yang cukup kaya antioksidan, bahkan ribuan kali lipat dari jenis tumbuhan lain yang pernah ditemukan, khususnya untuk penyembuhan kanker. Dibantu guru pembimbing, ketiga siswa tersebut akhirnya mengolah kayu Bajakah menjadi serbuk teh siap saji untuk dibawa dan menang dalam ajang kompetisi Youth National Science Fair (YNSF) 2019 yang dilaksanakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Dari Bandung, mereka berangkat ke World Invention Olympic (WICO) di Seoul, Korea Selatan. Tidak disangka, mereka berhasil meraih juara dan memperoleh medali emas. Sejauh ini belum ada rencana dari guru pembimbing atau dari ketiga siswa tersebut untuk memproduksi hasil temuan mereka dan memperjualbelikannya. Namun, sudah banyak pihak yang menghubungi mereka agar bisa mendapatkan kayu Bajakah sebagai obat penyembuh kanker. Sumber: https://regional.kompas.com/read/2019...