KabarBijak

SIBI Hanya Sistem, Bukan Bahasa Isyarat

Ketua Pusbisindo Laura Lesmana menjelaskan SIBI bukanlah bahasa melainkan hanya sistem.

695   views

Kamibijak.com, Infosiana –  Ketua Pusat Bahasa Isyarat Indonesia (Pusbisindo) Laura Lesmana Wijaya, M. A. menjelaskan bahwa sistem isyarat bahasa Indonesia (SIBI) bukanlah bahasa melainkan hanya sistem. 

Sebagai seorang penyandang Tuli yang lahir dari keluarga Tuli, ia sehari-hari menggunakan bahasa isyarat yang natural yaitu bahasa isyarat Indonesia (Bisindo). Sama seperti ibu dan ayahnya yang Tuli, Laura tidak memiliki pengalaman menggunakan SIBI untuk berkomunikasi. 

“Yang saya lihat SIBI ini strukturnya mengikuti bahasa lisan atau bahasa Indonesia yang hanya digunakan dalam konteks pendidikan. Diajarkan pada anak-anak agar mengetahui tata bahasa Indonesia dengan lebih baik,” ujar Laura dalam webinar Konekin ditulis pada Jumat (23/10/2020).

Menurutnya, jika berbicara tentang bahasa maka kaitannya erat dengan budaya. Misal, dalam bahasa isyarat ada nama panggil dan ini berkaitan dengan budaya Tuli. Kembali ke nama panggil, nama tersebut dibuat dari kekhasan orang Tuli dalam bentuk isyarat. 

Mengingat para penyandang Tuli tidak memanggil rekannya dengan suara. Nama panggil yang digunakan di antara Tuli menjadi salah satu bukti kekhasan budaya Tuli. Laura menambahkan, jika berbicara tentang bahasa isyarat maka akan nada transisi budaya dan bahasa.

“Jadi ada transisi. Kalau untuk SIBI, saya tidak tahu karena hanya digunakan di ranah pendidikan atau sekolah saja. Sekali lagi saya melihat ini adalah sistem isyarat bukan bahasa. Jadi kita perlu melihat perbedaan mendasar antara Bisindo dan SIBI ini,” pungkasnya. (LEAS/MG)

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4389855/ketua-pusbisindo-sibi-bukan-bahasa-isyarat-hanya-sistem  


#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): bahasa isyarat,sistem bahasa isyarat indonesia,sibi,bahasa isyarat indonesia,bisindo,pusat bahasa isyarat indonesia,pusbisindo,sibi dan bisindo,sibi vs bisindo,kamibijak,kami bijak